Rabu, 16 April 2014 | 17.40 WIB
Jateng Time

Kesepakatan Damai Pilkades Grobogan, Jateng Ditandatangani

Aris Budi Santoso  |  Grobogan | Senin, 18 Februari 2013 - 20.47 WIB | Dibaca: 601 kali
IMG-9126
Bupati mewakili pemkab Grobogan menandatangani kesepakatan damai pilkades. (Foto: Aris Budi Santoso)

GROBOGAN – Sebanyak 550 calon kepala desa (kades) yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) di 180 Desa se Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Maret mendatang, diminta untuk melakukan kampanye secara terbuka dan beretika. Bahkan para calon diminta untuk menghalalkan segala cara yang dapat mengganggu proses Pilkades agar terpilih.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Grobogan, Bambang Pudjiono, saat memberi pengarahan calon kepala desa dan penandatanganan kesepakatan damai Pilkades di Kabupaten Grobogan Tahun 2013 di GOR Purwodadi, Senin (18/2). Pemberian arahan calon kades tersebut juga dihadiri oleh seluruh pimpinan forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) Kabupaten Grobogan.

“Berkampanye tapi tetap menjaga keamanan dan kondusifitas suasana politik di desa. Lakukan kampanye yang beretika dan berbudaya yang masih dalam koridor demokrasi dan tidak menghalalkan segala cara agar terpilih,” katanya kepada ratusan calon Kades.

Dalam pelaksanaan Pilkades, lanjut Bupati, untuk dapat terpilih menjadi kades setiap calon memiliki peluang yang sangat besar. Peluang untuk tidak terpilih pun sangat kecil. Namun hal itu didasarkan pada figur masing-masing calon dan strategi pendekatan kepada warga yang digunakan. Namun para calon juga diminta tidak melupakan faktor keberuntungan.

“Peluang untuk tidak terpilih itu sangat kecil, apalagi untuk pilkades. Itu tergantung bagaimana calon itu apakah diterima masyarakat atau tidak. Selain itu, yang terpilih juga belum tentu dia yang paling pintar, kaya, atau hebat. Tapi bisa saja karena beruntung alias bejo,” ujarnya dikuti suara riuh tepuk tangan calon kades.

Bupati menyadari kesuksesan pelaksanaan pilkades pada bulan Maret mendatang tidak lepas dari peran semua komponen, baik itu panitia, calon kades maupun pengawas. Bupati mempersilahkan para calon melakukan penghitungan manual sendiri pada saat penghitungan suara, namun penghitungan tersebut harus objektif.

“Silahkan ikut menghitung perolehan suara masing-masing, tapi secara objektif. Sehingga usai pemilihan, siapa pun yang jadi mempunyai pola pikir bahwa jabatan kepala desa itu adalah amanat. Kades bukan sebagai penguasa tapi sebagai pamong praja yang harus melayani warganya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meminta kepada panitia pilkades di setiap Desa agar bersikap netral. Sikap netral tersebut dibuktikan panitia pilkades tidak membuat kebijakan sendiri di luar peraturan, juklak, maupun juknis pilkades yang sudah ada yang akan menguntungkan salah satu calon kades.

“Panitia harus netral. Jangan membuat kebijakan sendiri di luar peraturan yang sudah ada yang akhirnya akan menimbulkan permasalahan atau konflik dan mengakibatkan proses pilkades terganggu,” pintanya.

Perlu diketahui, pelaksanaan pilkades Kabupaten Grobogan yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret mendatang diikuti sebanyak 550 calon kades di 180 desa. Pelaksanaan pilkades tersebut akan dibagi menjadi 4 tahap pelaksanaan yaitu tanggal 6 Maret, 9 Maret, 13 Maret, dan 16 Maret. Masing-masing tahap pilkades diikuti 45 Desa yang menggelar Pilkades.

Usai diberi arahan oleh Bupati Grobogan, seluruh calon kepala desa maupun panitia pilkades diminta untuk menandatangani kesepakatan pilkades damai bersama dengan Pemkab Grobogan.**

Ukuran Font  
Sebanyak 550 calon kepala desa (kades) yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) di 180 Desa se Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Maret mendatang, diminta untuk melakukan kampanye secara terbuka dan beretika. Bahkan para calon diminta untuk menghalalkan segala cara yang dapat mengganggu proses Pilkades agar terpilih.
Cetak

No Image Alami Gangguan Jiwa, Agus Nekat Gantung DiriAgus Sugianto (30) ditemukan tewas gantung diri di kamar rumahnya, dukuh Kedokanjati RT 07 RW 01, desa Serang, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang.

No Image Pembekalan Tipping Point Leadership Oleh Danrem 051/WKTKomandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt

No Image Besok, Tim PGRI Kab Cirebon Bertolak Ke Malang Serahkan Bantuan Korban Gunung KeludKorban erupsi gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata mengugah rasa keprihatinan berbagai pihak tak terkecuali Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

No Image Dugaan Arus Pendek, 17 Kamar Mess Ludes TerbakarAkibat hubungan arus pendek, 17 ruang kamar yang difungsikan untuk mess karyawan Galaxy Billiard Pemalang, ludes dilalap si jago merah.

Ads