Jumat, 1 Agustus 2014 | 16.49 WIB
Jateng Time

Kesepakatan Damai Pilkades Grobogan, Jateng Ditandatangani

Aris Budi Santoso  |  Grobogan | Senin, 18 Februari 2013 - 20.47 WIB | Dibaca: 669 kali
IMG-9126
Bupati mewakili pemkab Grobogan menandatangani kesepakatan damai pilkades. (Foto: Aris Budi Santoso)

GROBOGAN – Sebanyak 550 calon kepala desa (kades) yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) di 180 Desa se Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Maret mendatang, diminta untuk melakukan kampanye secara terbuka dan beretika. Bahkan para calon diminta untuk menghalalkan segala cara yang dapat mengganggu proses Pilkades agar terpilih.

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Bupati Grobogan, Bambang Pudjiono, saat memberi pengarahan calon kepala desa dan penandatanganan kesepakatan damai Pilkades di Kabupaten Grobogan Tahun 2013 di GOR Purwodadi, Senin (18/2). Pemberian arahan calon kades tersebut juga dihadiri oleh seluruh pimpinan forum Komunikasi Perangkat Daerah (FKPD) Kabupaten Grobogan.

“Berkampanye tapi tetap menjaga keamanan dan kondusifitas suasana politik di desa. Lakukan kampanye yang beretika dan berbudaya yang masih dalam koridor demokrasi dan tidak menghalalkan segala cara agar terpilih,” katanya kepada ratusan calon Kades.

Dalam pelaksanaan Pilkades, lanjut Bupati, untuk dapat terpilih menjadi kades setiap calon memiliki peluang yang sangat besar. Peluang untuk tidak terpilih pun sangat kecil. Namun hal itu didasarkan pada figur masing-masing calon dan strategi pendekatan kepada warga yang digunakan. Namun para calon juga diminta tidak melupakan faktor keberuntungan.

“Peluang untuk tidak terpilih itu sangat kecil, apalagi untuk pilkades. Itu tergantung bagaimana calon itu apakah diterima masyarakat atau tidak. Selain itu, yang terpilih juga belum tentu dia yang paling pintar, kaya, atau hebat. Tapi bisa saja karena beruntung alias bejo,” ujarnya dikuti suara riuh tepuk tangan calon kades.

Bupati menyadari kesuksesan pelaksanaan pilkades pada bulan Maret mendatang tidak lepas dari peran semua komponen, baik itu panitia, calon kades maupun pengawas. Bupati mempersilahkan para calon melakukan penghitungan manual sendiri pada saat penghitungan suara, namun penghitungan tersebut harus objektif.

“Silahkan ikut menghitung perolehan suara masing-masing, tapi secara objektif. Sehingga usai pemilihan, siapa pun yang jadi mempunyai pola pikir bahwa jabatan kepala desa itu adalah amanat. Kades bukan sebagai penguasa tapi sebagai pamong praja yang harus melayani warganya,” tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati juga meminta kepada panitia pilkades di setiap Desa agar bersikap netral. Sikap netral tersebut dibuktikan panitia pilkades tidak membuat kebijakan sendiri di luar peraturan, juklak, maupun juknis pilkades yang sudah ada yang akan menguntungkan salah satu calon kades.

“Panitia harus netral. Jangan membuat kebijakan sendiri di luar peraturan yang sudah ada yang akhirnya akan menimbulkan permasalahan atau konflik dan mengakibatkan proses pilkades terganggu,” pintanya.

Perlu diketahui, pelaksanaan pilkades Kabupaten Grobogan yang akan dilaksanakan pada Bulan Maret mendatang diikuti sebanyak 550 calon kades di 180 desa. Pelaksanaan pilkades tersebut akan dibagi menjadi 4 tahap pelaksanaan yaitu tanggal 6 Maret, 9 Maret, 13 Maret, dan 16 Maret. Masing-masing tahap pilkades diikuti 45 Desa yang menggelar Pilkades.

Usai diberi arahan oleh Bupati Grobogan, seluruh calon kepala desa maupun panitia pilkades diminta untuk menandatangani kesepakatan pilkades damai bersama dengan Pemkab Grobogan.**

Ukuran Font  
Sebanyak 550 calon kepala desa (kades) yang akan mengikuti pemilihan kepala desa (Pilkades) di 180 Desa se Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah Maret mendatang, diminta untuk melakukan kampanye secara terbuka dan beretika. Bahkan para calon diminta untuk menghalalkan segala cara yang dapat mengganggu proses Pilkades agar terpilih.
Cetak

No Image Kodam Jaya Lakukan Pergeseran PejabatHanya karena limpahan kasih dan karunia-Nya, hari ini kita masih dapat melanjutkan rangkaian kegiatan sertijab para pejabat dengan melaksanakan acara Ramah Tamah, dalam suasana kebersamaan dan penuh kebahagiaan.

No Image Dandim Demak Serahkan Bingkisan Lebaran Untuk Istri Anggota dan PNS KodimDandim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto menyerahkan bantuan bingkisan kepada Istri anggota Kodim 0716/Demak yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana cabang Demak di Aula Makodim 0716/Demak, Kamis (17/07).

No Image Jembatan Comal Pemalang Ambles, Arus lalin DialihkanJembatan Sungai Comal yang menjadi jembatan penting di jalur antura akhirnya benar-benar ditutup total untuk semua jenis kendaraan. Hal tersebut dikarenakan kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati.

No Image Kodam Jaya Berikan Penghargaan Kepada Prajurit BerprestasiTNI akan tetap Konsisten dalam melaksanakan tugas-tugas pertahanan, dalam konteks menjaga dan melindungi segenap bangsa dan Negara.

Ads