Kamis, 23 Oktober 2014 | 09.59 WIB
Jateng Time

Petugas Registrasi Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Kependudukan

kenda | Rabu, 5 Juni 2013 - 00.08 WIB | Dibaca: 448 kali
IMG-12454

KENDAL – Petugas registrasi ( pendaftaran ) merupakan ujung tombak dan gerbang pertama pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal sebagai kabupaten yang peduli tertib administrasi kependudukan mendukung peran dan tugas para petugas dengan menggelar pembinaan dan sosialisasi.

Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM mengatakan hal tersebut saat membuka kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Kepada Para Petugas Registrasi Se – Kabupaten Kendal, di Pendopo Pemkab, Selasa ( 4 / 6 ). Bupati menekankan pentingnya peran dan tugas para petugas dalam melakukan pencatatan data yang benar dan valid agar tercipta administrasi kependudukan yang tertib. Petugas antara lain harus mencatat laporan bulanan secara disiplin dan tertib, data harus mengacu pada kebenaran data pemohon, petugas harus menghindari data ganda dan memastikan surat pengantar sudah diverifikasi dan divalidasi.

Petugas juga menjadi pelayan pertama yang melakukan pencatatan pelaporan yang melebihi batas satu tahun yang kemudian diserahkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sebelumnya pelaporan yang melebihi satu tahun harus lewat Pengadilan Negeri, namun dengan keluarnya Surat Mahkamah Konstitusi No 18 tertanggala 1 Mei 2013, pencatatan pelaporan diserahkan pada Dispendukcapil masing-masing kabupaten dan kota.

Selain sebagai melayani pencatatan dan pelaporan data kependudukan, bupati juga akan mengoptimalkan petugas sebagai aparat penarik pajak daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Kepala Dispendukcapil Astuti Watiningrum, S.Sos menjelaskan, petugas registrasi akan memberikan pelayanan, pelaporan peristiwa kependudukan, peristiwa penting aktual kependudukan dan pengelolaan dan penyajian data di desa atau kelurahan. Petugas registrasi membantu para lurah dan kepala desa dan Dispendukcapil / UPTD dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Petugas harus selalu memverifikasi dan memvalidasi data kependudukan yang dilaporkan agar benar-benar valid dan dapat dipercaya serta bisa dipertanggungjawabkan.

Kegiatan pembinaan dan sosialisasi pada para petugas registrasi diikuti 286 utusan dari desa dan kelurahan se – Kabupaten Kendal dengan narasumber dari Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal. Petugas registrasi kependudukan diangkat berdasaran Perbup Kendal No 470 Perbub / 744 / 2012 tentang Pengangkatan Petugas Registrasi.**

Sumber: Humas/(heDJ/MM)

Ukuran Font  
Petugas registrasi ( pendaftaran ) merupakan ujung tombak dan gerbang pertama pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal sebagai kabupaten yang peduli tertib administrasi kependudukan mendukung peran dan tugas para petugas dengan menggelar pembinaan dan sosialisasi.
Cetak

No Image Gerah Dengan Ulah Korupsi, KRPK Gelar Demonstrasi di BlitarGerah dengan ulah dugaan korupsi akhirnya warga Blitar, jawa Timur mendatangi kantor Kejaksaan negeri Blitar. para penbdemo menuntut agar pihak Kejaksaan mengusut tuntas kasus dugaan korupsi yang ada di Kota Blitar.

No Image Paket Acara Khusus Budaya Jateng Digelar di TMIIPaket Acara Khusus budaya yang di gelar di Taman Mini Indonesia Indah merupakan kegiatan Promosi Seni Budaya, Pariwisata, Investasi serta segala potensi unggulan dari daerah Kabupaten / Kota.

No Image Walikota Semarang Fokuskan Perbaikan Infrastruktur Wilayah PerbatasanTidak hanya pusat kota saja yang menjadi perhatian Pemkot Semarang, tetapi wilayah-wilayah perbatasan juga harus dilakukan pembenahan terutama dalam hal perbaikan infrastruktur.

No Image Frekuensi Pemakaian Bahasa Jawa Semakin MenurunFrekuensi pemakaian Bahasa Jawa disadari atau tidak kini semakin turun. Salah satu penyebabnya adalah adanya kecenderungan menggunakan Bahasa Indonesia di tingkat keluarga.

Ads