Kamis, 17 April 2014 | 17.27 WIB
Jateng Time

Petugas Registrasi Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Kependudukan

kenda | Rabu, 5 Juni 2013 - 00.08 WIB | Dibaca: 280 kali
IMG-12454

KENDAL – Petugas registrasi ( pendaftaran ) merupakan ujung tombak dan gerbang pertama pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal sebagai kabupaten yang peduli tertib administrasi kependudukan mendukung peran dan tugas para petugas dengan menggelar pembinaan dan sosialisasi.

Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM mengatakan hal tersebut saat membuka kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Kepada Para Petugas Registrasi Se – Kabupaten Kendal, di Pendopo Pemkab, Selasa ( 4 / 6 ). Bupati menekankan pentingnya peran dan tugas para petugas dalam melakukan pencatatan data yang benar dan valid agar tercipta administrasi kependudukan yang tertib. Petugas antara lain harus mencatat laporan bulanan secara disiplin dan tertib, data harus mengacu pada kebenaran data pemohon, petugas harus menghindari data ganda dan memastikan surat pengantar sudah diverifikasi dan divalidasi.

Petugas juga menjadi pelayan pertama yang melakukan pencatatan pelaporan yang melebihi batas satu tahun yang kemudian diserahkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sebelumnya pelaporan yang melebihi satu tahun harus lewat Pengadilan Negeri, namun dengan keluarnya Surat Mahkamah Konstitusi No 18 tertanggala 1 Mei 2013, pencatatan pelaporan diserahkan pada Dispendukcapil masing-masing kabupaten dan kota.

Selain sebagai melayani pencatatan dan pelaporan data kependudukan, bupati juga akan mengoptimalkan petugas sebagai aparat penarik pajak daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Kepala Dispendukcapil Astuti Watiningrum, S.Sos menjelaskan, petugas registrasi akan memberikan pelayanan, pelaporan peristiwa kependudukan, peristiwa penting aktual kependudukan dan pengelolaan dan penyajian data di desa atau kelurahan. Petugas registrasi membantu para lurah dan kepala desa dan Dispendukcapil / UPTD dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Petugas harus selalu memverifikasi dan memvalidasi data kependudukan yang dilaporkan agar benar-benar valid dan dapat dipercaya serta bisa dipertanggungjawabkan.

Kegiatan pembinaan dan sosialisasi pada para petugas registrasi diikuti 286 utusan dari desa dan kelurahan se – Kabupaten Kendal dengan narasumber dari Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal. Petugas registrasi kependudukan diangkat berdasaran Perbup Kendal No 470 Perbub / 744 / 2012 tentang Pengangkatan Petugas Registrasi.**

Sumber: Humas/(heDJ/MM)

Ukuran Font  
Petugas registrasi ( pendaftaran ) merupakan ujung tombak dan gerbang pertama pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal sebagai kabupaten yang peduli tertib administrasi kependudukan mendukung peran dan tugas para petugas dengan menggelar pembinaan dan sosialisasi.
Cetak

No Image Alami Gangguan Jiwa, Agus Nekat Gantung DiriAgus Sugianto (30) ditemukan tewas gantung diri di kamar rumahnya, dukuh Kedokanjati RT 07 RW 01, desa Serang, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang.

No Image Pembekalan Tipping Point Leadership Oleh Danrem 051/WKTKomandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt

No Image Besok, Tim PGRI Kab Cirebon Bertolak Ke Malang Serahkan Bantuan Korban Gunung KeludKorban erupsi gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata mengugah rasa keprihatinan berbagai pihak tak terkecuali Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

No Image Dugaan Arus Pendek, 17 Kamar Mess Ludes TerbakarAkibat hubungan arus pendek, 17 ruang kamar yang difungsikan untuk mess karyawan Galaxy Billiard Pemalang, ludes dilalap si jago merah.

Ads