Jumat, 19 September 2014 | 20.49 WIB
Jateng Time

Petugas Registrasi Sebagai Ujung Tombak Pelayanan Kependudukan

kenda | Rabu, 5 Juni 2013 - 00.08 WIB | Dibaca: 415 kali
IMG-12454

KENDAL – Petugas registrasi ( pendaftaran ) merupakan ujung tombak dan gerbang pertama pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal sebagai kabupaten yang peduli tertib administrasi kependudukan mendukung peran dan tugas para petugas dengan menggelar pembinaan dan sosialisasi.

Bupati Kendal dr. Widya Kandi Susanti, MM mengatakan hal tersebut saat membuka kegiatan Pembinaan dan Sosialisasi Kepada Para Petugas Registrasi Se – Kabupaten Kendal, di Pendopo Pemkab, Selasa ( 4 / 6 ). Bupati menekankan pentingnya peran dan tugas para petugas dalam melakukan pencatatan data yang benar dan valid agar tercipta administrasi kependudukan yang tertib. Petugas antara lain harus mencatat laporan bulanan secara disiplin dan tertib, data harus mengacu pada kebenaran data pemohon, petugas harus menghindari data ganda dan memastikan surat pengantar sudah diverifikasi dan divalidasi.

Petugas juga menjadi pelayan pertama yang melakukan pencatatan pelaporan yang melebihi batas satu tahun yang kemudian diserahkan pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sebelumnya pelaporan yang melebihi satu tahun harus lewat Pengadilan Negeri, namun dengan keluarnya Surat Mahkamah Konstitusi No 18 tertanggala 1 Mei 2013, pencatatan pelaporan diserahkan pada Dispendukcapil masing-masing kabupaten dan kota.

Selain sebagai melayani pencatatan dan pelaporan data kependudukan, bupati juga akan mengoptimalkan petugas sebagai aparat penarik pajak daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

Kepala Dispendukcapil Astuti Watiningrum, S.Sos menjelaskan, petugas registrasi akan memberikan pelayanan, pelaporan peristiwa kependudukan, peristiwa penting aktual kependudukan dan pengelolaan dan penyajian data di desa atau kelurahan. Petugas registrasi membantu para lurah dan kepala desa dan Dispendukcapil / UPTD dalam memberikan pelayanan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Petugas harus selalu memverifikasi dan memvalidasi data kependudukan yang dilaporkan agar benar-benar valid dan dapat dipercaya serta bisa dipertanggungjawabkan.

Kegiatan pembinaan dan sosialisasi pada para petugas registrasi diikuti 286 utusan dari desa dan kelurahan se – Kabupaten Kendal dengan narasumber dari Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kendal. Petugas registrasi kependudukan diangkat berdasaran Perbup Kendal No 470 Perbub / 744 / 2012 tentang Pengangkatan Petugas Registrasi.**

Sumber: Humas/(heDJ/MM)

Ukuran Font  
Petugas registrasi ( pendaftaran ) merupakan ujung tombak dan gerbang pertama pelayanan pencatatan data kependudukan di tingkat desa atau kelurahan. Hal tersebut mendorong Kabupaten Kendal sebagai kabupaten yang peduli tertib administrasi kependudukan mendukung peran dan tugas para petugas dengan menggelar pembinaan dan sosialisasi.
Cetak

No Image Gubernur Dorong Bangun Embung untuk Atasi Kekeringan di SalatigaAir bersih ini merupakan langkah paling cepat yang bisa dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang dialami warga Desa Kumpulrejo Kota Salatiga.

No Image Jadilah Pemimpin dan Penggerak PerubahanKepala Inspektorat Provinsi Jawa Tengah Drs Kunto Nugroho HP MSi mengatakan tujuan dari kegiatan ToT tersebut adalah untuk membangun pola pikir, komitmen bersama, jiwa korsa, integritas, manajemen, implementasi kebijakan, dan budaya baru di Pemerintahan Provinsi Jawa Tengah.

No Image Kepribadian Berbudaya Dapat Dukung EkonomiMewujudkan kemandirian ekonomi dapat dibangun melalui kepribadian bangsa dalam berbudaya, karena banyak budaya masyarakat yang muaranya terkait pada bidang ekonomi.

No Image Terbilang Buruk Di Masyarakat, Sat Pol PP Perlu NegosiatorSEMARANG РCitra Satuan Pamong Praja (Satpol PP) masih terbilang buruk di masyarakat. Salah satunya diidentikkan dengan kekerasan saat melakukan penggusuran pedagang kaki lima (PKL). Imej itu harus dihapus melalui pendekatan humanis kepada warga. “Pendekatan yang lebih manusiawi ini penting. Ilmu itu perlu kita miliki, terutama teman-teman yang bertugas di Satpol PP. Nah kalau sudah dimiliki, [...]

Ads