Rabu, 22 Oktober 2014 | 06.57 WIB
Jateng Time

Temanggung Raih Adipura dan Adiwiyata

Budi Santosa  |  temanggung | Rabu, 12 Juni 2013 - 22.11 WIB | Dibaca: 572 kali
IMG-12721
kirab adipura dan adiwiyata kabupaten Temanggung. (Foto : Budi S)

TEMANGGUNG, JATENG TIME – Penghargaan Adipura dan Adiwiyata yang diserahkan oleh Presiden kepada Wakil Bupati Temanggung di Istana Negara pada 10 Juni 2013 yang lalu, di kirabkan keliling kota Temanggung, Rabu (12/06). Kirab diawali laporan oleh kepala Badan Lingkungan Hidup, Ir. Andristi, M.Si. dilanjutkan penyerahan Adipura dan Adiwiyata oleh Setda Bambang Arohhman kepada juara I dan II Mas dan Mbak Temanggung 2013.

Di ikuti kepala SKPD, seluruh Camat dan Lurah se kabupaten Temanggung, pasukan kebersihan lingkungan, mobil hias dari SMA N 2, SMK N I, dan Instansi terkait.

Kabupaten Temanggung empat kali mendapatkan Adipura,tahun 2009, 2010 ( Piagam Adipura ), 2011,2012 dan 2013. Untuk Adiwiyata baru 3 kali, tahun 2011 SMA N 2 Temanggung- Adiwiyata Nasional, 2012 juga SMA N 2 Temanggung- Adiwiyata Mandiri. Sementara dari 24 sekolah tingkat SD/MI,SMP/MTs, SMA/SMK se Temanggung yang mengikuti program Adiwiyata, SMK N 1 Temanggung berhasil meraih Adiwiyata Mandiri. Sedangkan untuk tingkat SD/MI, MI Negeri Temanggung yang berada di Jurang kabupaten Temanggung mendapatkan Adiwiyata tingkat provinsi, dan berhak maju ke tingkat Nasional mewakili kabupaten Temanggung.

Bupati dalam sambutannya mengungkapkan rasa terimakasih kepada seluruh warga masyarakat dan seluruh jajarannya pegawai kebersihan yang telah mendukung kebersihan dan pelestarian lingkungan hidup. “Hal ini bisa dilihat dengan bersihnya kampung-kampung, dan sudah dipisahkan sampah organik dan unorganik, sehingga memudahkan petugas untuk memproses dalam pembuangan sampah menjadi kompos,” ujarnya.

Ditambahkan pula, sebenarnya kabupaten Temanggung sudah dekat untuk memperoleh Adipura Kencana, namun masih ada beberapa point yang belum tercukupi. Diharapkan tahun depan bisa memenuhi point-point yang kurang, sehingga Adipura Kencana dapat diraih.

Terkait kiat-kiat ke depan agar Adipura Kencana bisa diraih, Bupati memaparkan, pengelolaan lingkungan yaitu di TPA Sanggrahan, memperbanyak TPST (Tempat Pengolahan Sampah Terpadu) dengan konsep 3R (Reuse, Reduse, Recycle) seperti yang ada di Kebonsari. Memperbanyak Bank sampah di perumahan dan Sekolah. Peningkatan rasio ruang terbuka hijau yang selama ini 29,15 % menjadi 30%. Konservasi dan peningkatan sumber air dengan pembangunan biogas, sumur resapan, IPAL Komunal. Serta pendayagunaan/ konservasi lingkungan hidup dengan bank pohon dan peningkatan disiplin masyarakat, serta upaya penegakan hukum.**

Editor : Benx

Ukuran Font  
Penghargaan Adipura dan Adiwiyata yang diserahkan oleh Presiden kepada Wakil Bupati Temanggung di Istana Negara pada 10 Juni 2013 yang lalu, di kirabkan keliling kota Temanggung, Rabu (12/06).
Cetak

No Image Nelayan Pulolampes Bulakamba Berharap Suntikan DanaPuluhan nelayan Pulolampes Kecamatan Bulakamba berharap kepada Bupati Brebes untuk memberikan suntikan dana untuk aktivitas kerjanya. Pasalnya, selama ini dana yang dia dapatkan dari para rentenir.

No Image Dies Natalis, Undip Usung Konsep Otonomi dalam HarmoniUniversitas Diponegoro (Undip) segera berubah status dari Perguruan Tinggi Badan Hukum Milik Negara (BHMN) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH).

No Image Polres Demak Berhasil Tangkap 12 PenjudiDalam rentang waktu dua bulan terakhir, jajaran Polres Demak yang dipimpin Ajun Komisari Besar Polisi (AKBP) R.Setijo Nugroho Hasto berhasil mengungkap dan menangkap 12 pelaku perjudian di wilayah hukumnya.

No Image Perceraian Picu Perkembangan Trafficking di JabarTingginya angka perceraian di beberapa kabupaten/kota di Jabar ternyata memicu perkembangan trafficking (perdagangan manusia).

Ads