Jumat, 18 April 2014 | 10.17 WIB
Jateng Time
Pemerintahan

Pembangunan Sub Terminal Angkutan Umum Desa Suruh Mampu Kurangi Semrawut Lalulintas

-  |  Semarang | Selasa, 18 Juni 2013 - 08.09 WIB | Dibaca: 238 kali
IMG-12832
ilustrasi.

KEPALA Dinas Perhubungan dan Kominfo (Dishubkominfo) Kabupaten Semarang Prayitno Sudaryanto menegaskan pembangunan sub terminal angkutan umum di Desa Suruh diharapkan dapat mengurangi kesemrawutan lalu lintas (lalin) di jalan utama Suruh-Salatiga.

“Angkutan umum termasuk angkutan barang yang seringkali ngetem di tepi jalan diharapkan dapat memanfaatkan sub terminal itu sambil menunggu giliran menaikkan penumpang terutama di depan pasar Suruh,” katanya usai peresmian penggunaan sub terminal Suruh oleh Bupati Semarang H Mundjirin, kemarin.

Ditambahkan oleh Prayitno Sudaryanto, pembangunan sub terminal Suruh ini merupakan keinginan warga yang telah diidam-idamkan sejak lama. Warga merasa gerah karena lalu lintas di sekitar Pasar Suruh yang ramai itu selalu macet dan tersendat. Karenanya, pembangunan sub terminal Suruh dapat dimanfaatkan awak angkutan umum untuk parkir.

“Sub terminal mampu menampung sekitar 25 angkutan umum jenis prona dan lima angkutan bak terbuka. Sedangkan penggunaan kios nantinya akan diatur oleh Pemerintah Desa Suruh,” jelas Prayitno lagi.

Bupati Mundjirin menghimbau para awak angkutan umum orang dan barang yang beroperasi di wilayah Suruh dapat memanfaatkan sub terminal dengan baik. Pengaturan lalu lintas di jalan utama Suruh-Salatiga dapat dilakukan lewat kerja sama antara pemerintah desa Suruh, Dishubkominfo dan organda.

“Jika lalu lintas di jalan utama Suruh ini dapat teratur, wilayah Suruh ini dapat berkembang dan menjadi salah satu tujuan utama desa-desa sekitar termasuk dari Boyolali dan Salatiga,” terang Mundjirin.

Sub terminal Suruh dibangun dari dana APBD senilai Rp 622 juta diatas lahan milik Pemerintah Desa Suruh seluas 874 meter persegi. Dilengkapi dengan empat kios dan satu kamar kecil dan satu loket penjualan karcis parkir angkutan umum.*

Sumber : www.semarangkab.go.id/humas/junaedi

Editor : HFO

Ukuran Font  
Angkutan umum termasuk angkutan barang yang seringkali ngetem di tepi jalan diharapkan dapat memanfaatkan sub terminal itu sambil menunggu giliran menaikkan penumpang terutama di depan pasar Suruh
Cetak

No Image Alami Gangguan Jiwa, Agus Nekat Gantung DiriAgus Sugianto (30) ditemukan tewas gantung diri di kamar rumahnya, dukuh Kedokanjati RT 07 RW 01, desa Serang, kecamatan Petarukan, kabupaten Pemalang.

No Image Pembekalan Tipping Point Leadership Oleh Danrem 051/WKTKomandan Korem 051/Wkt Kolonel Inf Rudianto, memberikan pembekalan kepada Para Dandim, Para Kasi,Para Perwira Staf Korem 051/Wkt, Bertempat ruang data Lt 2 Makrem 051/Wkt

No Image Besok, Tim PGRI Kab Cirebon Bertolak Ke Malang Serahkan Bantuan Korban Gunung KeludKorban erupsi gunung Kelud yang terjadi beberapa waktu lalu ternyata mengugah rasa keprihatinan berbagai pihak tak terkecuali Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

No Image Dugaan Arus Pendek, 17 Kamar Mess Ludes TerbakarAkibat hubungan arus pendek, 17 ruang kamar yang difungsikan untuk mess karyawan Galaxy Billiard Pemalang, ludes dilalap si jago merah.

Ads