Jumat, 31 Oktober 2014 | 01.54 WIB
Jateng Time

Di Banyumas, Penderita HIV/AIDS Usia Produktif Alami Peningkatan

Banyumas | Minggu, 1 September 2013 - 16.45 WIB | Dibaca: 365 kali
IMG-14729

PURWOKERTO – Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banyumas mengidentifikasi penderita HIV/AIDS usia produktif antara 15 hingga 24 tahun terus meningkat.

Pada tahun 2012 lalu, 13,3 persen dari total penderita HIV/AIDS merupakan merupakan usia produktif. Sementara, hingga semester awal tahun ini jumlahnya telah mencapai 9,8 persen.

Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Banyumas R Dian Andiyono LS SKM MM, mengatakan tidak sedikit anak-anak usia di bawah 15 tahun yang terjangkit virus tersebut. Menurut data di Dinkes Banyumas pada tahun 2012 lalu jumlahnya sekitar 7,2 persen. Sementara hingga semester awal tahun ini jumlahnya telah mencapai 4,5 persen.

Sebagain besar, menurutnya, penderita HIV/AIDS berumur antara usia 35 hingga 44 tahun. Hingga semster awal tahun 2013 jumlahnya 28,3 persen dari total penderita. “Sisanya merupakan usia di atas 45 tahun. Jumlahnya sekitar 9,8 persen,” katanya, Minggu (1/9).

Untuk menanggulangi penyebaran penyakit tersebut di kalangan usia produktif, Dinkes Banyumas melakukan sosialisasi bahaya penyakit tersebut ke sekolah-sekolah. “Seksi promosi kesehatan sudah berkeliling sekolah untuk mengedukasi anak-anak agar terhindar dari HIV,” jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi tersebut penting bagi usia produktif. Pasalnya, tidak sedikit usia produktif yang tidak mengetahui cara penyebaran serta bahaya virus tersebut.

Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya mendorong Dinas Pendidikan untuk turut aktif menyosialisasikan HIV/AIDS di lingkungan sekolah. Bahkan, akan lebih mengena apabila pengetahuan mengenai HIV/AIDS masuk dalam pelajaran di sekolah.

Dinas Pendidikan, menurutnya, memiliki posisi strategis karena langsung dengan anak-anak melalui pendidikan di sekolah. “Saya rasa Dinas Pendidikan bisa lebih mengedukasi anak-anak sekolah agar terhindar dari HIV lewat pelajaran di sekolah,” ujarnya.**

Sumber: Suara Merdeka/cnr

Ukuran Font  
Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banyumas mengidentifikasi penderita HIV/AIDS usia produktif antara 15 hingga 24 tahun terus meningkat.
Cetak

No Image Ruas Jalan Pasar Muara Delang, Merangin, Jambi Memprihatinkan!Sejumlah ruas jalan yang berada di wilayah itu kini kondisinya sangat memprihatinkan akibat sering dilalui truk pembawa buah sawitoleh anak perusahaan khusus PT. Astra Agro Lestari yaitu PT SAL-1.

No Image Mukhlis Rahaman : Tugas dan Tanggung Jawab Kades Makin BeratWalikota Pariaman Mukhlis Rahman membuka Rapat koordinasi Pemerintah Kota bersama Kepala Desa dan Lurah se Kota Pariaman di Aula Balaikota, Rabu (29/10/2014).

No Image Walikota Pariaman Mukhlis Rahman Sampaikan Nota PenjelasanWalikota Pariaman Mukhlis Rahman menyampaikan Nota Penjelasan Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Rancangan Prioritas Plafon Anggaran Sementara APBD Tahun 2015, di Ruang sidang DPRD Kota Pariaman, Senin (27/10/2014).

No Image Kota Pariaman Telah Punya HomestayKota Pariaman kini telah punya 20 Homestay dan sudah mulai dioperasikan. Homestay tersebut mempunyai 40 kamar, siap untuk menampung wisatawan yang akan menginap di Kota Pariaman.

Ads