Senin, 30 Maret 2015 | 11.25 WIB
Jateng Time

Di Banyumas, Penderita HIV/AIDS Usia Produktif Alami Peningkatan

Banyumas | Minggu, 1 September 2013 - 16.45 WIB | Dibaca: 447 kali
IMG-14729

PURWOKERTO – Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banyumas mengidentifikasi penderita HIV/AIDS usia produktif antara 15 hingga 24 tahun terus meningkat.

Pada tahun 2012 lalu, 13,3 persen dari total penderita HIV/AIDS merupakan merupakan usia produktif. Sementara, hingga semester awal tahun ini jumlahnya telah mencapai 9,8 persen.

Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Banyumas R Dian Andiyono LS SKM MM, mengatakan tidak sedikit anak-anak usia di bawah 15 tahun yang terjangkit virus tersebut. Menurut data di Dinkes Banyumas pada tahun 2012 lalu jumlahnya sekitar 7,2 persen. Sementara hingga semester awal tahun ini jumlahnya telah mencapai 4,5 persen.

Sebagain besar, menurutnya, penderita HIV/AIDS berumur antara usia 35 hingga 44 tahun. Hingga semster awal tahun 2013 jumlahnya 28,3 persen dari total penderita. “Sisanya merupakan usia di atas 45 tahun. Jumlahnya sekitar 9,8 persen,” katanya, Minggu (1/9).

Untuk menanggulangi penyebaran penyakit tersebut di kalangan usia produktif, Dinkes Banyumas melakukan sosialisasi bahaya penyakit tersebut ke sekolah-sekolah. “Seksi promosi kesehatan sudah berkeliling sekolah untuk mengedukasi anak-anak agar terhindar dari HIV,” jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi tersebut penting bagi usia produktif. Pasalnya, tidak sedikit usia produktif yang tidak mengetahui cara penyebaran serta bahaya virus tersebut.

Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya mendorong Dinas Pendidikan untuk turut aktif menyosialisasikan HIV/AIDS di lingkungan sekolah. Bahkan, akan lebih mengena apabila pengetahuan mengenai HIV/AIDS masuk dalam pelajaran di sekolah.

Dinas Pendidikan, menurutnya, memiliki posisi strategis karena langsung dengan anak-anak melalui pendidikan di sekolah. “Saya rasa Dinas Pendidikan bisa lebih mengedukasi anak-anak sekolah agar terhindar dari HIV lewat pelajaran di sekolah,” ujarnya.**

Sumber: Suara Merdeka/cnr

Ukuran Font  
Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banyumas mengidentifikasi penderita HIV/AIDS usia produktif antara 15 hingga 24 tahun terus meningkat.
Cetak

No Image Kapolres Demak Serahkan Kunci Rumah Korban KeebakaranBantuan ini tidak seberapa dan jauh dari cukup untuk kebutuhan korban, namun kami tetap peduli akan nasib yang dialami korban.

No Image Beri Rasa Aman, Polres Lakukan Razia RutinTempat razia ini kami usahakan selalu berpindah tempat, serta serentak di sejumlah wilayah polsek di Demak dengan waktu dan tempat yang berbeda.

No Image Wartawan Temukan Potongan Tangan Korban KebakaranKebakaran yang mengharukan yang di alami keluarga Agung Sumantri warga Desa Botosengon,Kecamatan Dempet,Kabupaten Demak harus kehilangan ke tiga buah hatinya yang masih balita yakni Fadli (10) Shinta (8) dan Juwita (3).

No Image Istri Kapolres Demak Datangi Bekas Rumah Korban KebakaranSetelah memberikan bantuan kepada korban kebakaran, Agung Sumantri yang mengakibatkan korban harus kehilangan tiga anak sekaligus, istri Kapolres Demak dan rombongan berkenan melihat langsung lokasi rumah korban yang kebakaran.

Ads