Jumat, 25 Juli 2014 | 20.45 WIB
Jateng Time

Di Banyumas, Penderita HIV/AIDS Usia Produktif Alami Peningkatan

Banyumas | Minggu, 1 September 2013 - 16.45 WIB | Dibaca: 308 kali
IMG-14729

PURWOKERTO – Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banyumas mengidentifikasi penderita HIV/AIDS usia produktif antara 15 hingga 24 tahun terus meningkat.

Pada tahun 2012 lalu, 13,3 persen dari total penderita HIV/AIDS merupakan merupakan usia produktif. Sementara, hingga semester awal tahun ini jumlahnya telah mencapai 9,8 persen.

Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dikes) Kabupaten Banyumas R Dian Andiyono LS SKM MM, mengatakan tidak sedikit anak-anak usia di bawah 15 tahun yang terjangkit virus tersebut. Menurut data di Dinkes Banyumas pada tahun 2012 lalu jumlahnya sekitar 7,2 persen. Sementara hingga semester awal tahun ini jumlahnya telah mencapai 4,5 persen.

Sebagain besar, menurutnya, penderita HIV/AIDS berumur antara usia 35 hingga 44 tahun. Hingga semster awal tahun 2013 jumlahnya 28,3 persen dari total penderita. “Sisanya merupakan usia di atas 45 tahun. Jumlahnya sekitar 9,8 persen,” katanya, Minggu (1/9).

Untuk menanggulangi penyebaran penyakit tersebut di kalangan usia produktif, Dinkes Banyumas melakukan sosialisasi bahaya penyakit tersebut ke sekolah-sekolah. “Seksi promosi kesehatan sudah berkeliling sekolah untuk mengedukasi anak-anak agar terhindar dari HIV,” jelasnya.

Menurutnya, sosialisasi tersebut penting bagi usia produktif. Pasalnya, tidak sedikit usia produktif yang tidak mengetahui cara penyebaran serta bahaya virus tersebut.

Lebih jauh dia mengatakan, pihaknya mendorong Dinas Pendidikan untuk turut aktif menyosialisasikan HIV/AIDS di lingkungan sekolah. Bahkan, akan lebih mengena apabila pengetahuan mengenai HIV/AIDS masuk dalam pelajaran di sekolah.

Dinas Pendidikan, menurutnya, memiliki posisi strategis karena langsung dengan anak-anak melalui pendidikan di sekolah. “Saya rasa Dinas Pendidikan bisa lebih mengedukasi anak-anak sekolah agar terhindar dari HIV lewat pelajaran di sekolah,” ujarnya.**

Sumber: Suara Merdeka/cnr

Ukuran Font  
Dinas Kesehatan (Dinkes)Kabupaten Banyumas mengidentifikasi penderita HIV/AIDS usia produktif antara 15 hingga 24 tahun terus meningkat.
Cetak

No Image Kodam Jaya Lakukan Pergeseran PejabatHanya karena limpahan kasih dan karunia-Nya, hari ini kita masih dapat melanjutkan rangkaian kegiatan sertijab para pejabat dengan melaksanakan acara Ramah Tamah, dalam suasana kebersamaan dan penuh kebahagiaan.

No Image Dandim Demak Serahkan Bingkisan Lebaran Untuk Istri Anggota dan PNS KodimDandim 0716/Demak Letkol Inf Ari Aryanto menyerahkan bantuan bingkisan kepada Istri anggota Kodim 0716/Demak yang tergabung dalam Persit Kartika Chandra Kirana cabang Demak di Aula Makodim 0716/Demak, Kamis (17/07).

No Image Jembatan Comal Pemalang Ambles, Arus lalin DialihkanJembatan Sungai Comal yang menjadi jembatan penting di jalur antura akhirnya benar-benar ditutup total untuk semua jenis kendaraan. Hal tersebut dikarenakan kondisi jembatan yang sudah tidak layak untuk dilewati.

No Image Kodam Jaya Berikan Penghargaan Kepada Prajurit BerprestasiTNI akan tetap Konsisten dalam melaksanakan tugas-tugas pertahanan, dalam konteks menjaga dan melindungi segenap bangsa dan Negara.

Ads