Genius Umar : Menjadi PNS Punya Tanggung Jawab

KT.PARIAMAN (JT)–Tanggungjawab dan disiplin PNS harus datang dari hati. Jangan hanya rajin apel pagi dan sore. Sementara empat jam waktu terbuang buat duduk di warung, seperti saat habis apel, dan setelah jam makan siang. Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah pemersatu bangsa. Sebagai PNS, harus memiliki tanggungjawab pada tugas dan kepada masyarakat yang dilayani.
Penegasan tersebut disampaikan Wakil Walikota Pariaman Genius Umar pada acara pembukaan Diklat Pra Jabatan CPNS Kategori 2 Angkatan I & II di lingkungan Pemerintah Kota Pariaman, di gedung BPKB Provinsi Sumbar, Rawang, Rabu (11/03/2015).

Menurut Genius, PNS perlu memiliki factor vector atau arah, yaitu PNS harus memahami arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah, sehingga memahami apa yang harus dilakukan untuk mendukung program-program yang sudah dicanangkan oleh pemerintah, baik di tingkat pusat, provinsi maupun di Kota Pariaman.

“Visi Kota Pariaman adalah menjadikan Kota Pariaman sebagai kota tujuan wisata. Sebagai pegawai harus memahami dan bisa menjelaskan kepada masyarakat arah kebijakan yang diambil oleh pemerintah. Bukan malah sebaliknya,” kata Genius Umar lagi.
Dengan diadakanya Diklat Prajabatan ini, diharapkan akan tercipta reformasi birokrasi dan pemahaman tentang abdi negara yang berwawasan kebangsaan, pelayan publik, dapat tercipta satu kesatuan pandangan terhadap tugas-tugas dan tanggung jawab yang diembankan kepada pegawai, tutur Genius Umar.

Kepala BKD Kota Pariaman, Khaidir, mengatakan, tujuan diselenggarakannya Diklat Prajabatan CPNS Kategori 2 angkatan I dan II ini untuk membentuk CPNS yang memiliki pengetahuan dan wawasan sebagai pelayan masyarakat yang baik. Peserta Diklat berjumlah 88 orang, terdiri dari golongan I sebanyak 2 orang, golongan II sebanyak 44 orang dan golongan III sebanyak 42 orang.

“Diklat dilaksanakan tanggal 10 Maret 2015 sampai 1 April 2015, selama 20 hari dengan jumlah jam pelajaran sebanyak 86 jam pelajaran per-angkatan,“ ujar Khaidir.

Pembukaan Diklat ini dihadiri Kabid Diklat PIM Provinsi Sumatera Barat Ir. Hj. Khairanti Khairanis, M.Si, , tenaga pengajar Badan Diklat Provinsi Sumbar, Widyaiswara Badan Diklat Provinsi Sumbar, para Kepala SKPD, dan para Kepala Sekolah se-Kota Pariaman. **

Print Friendly

Categories: Pemerintahan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Website
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu