9 PESONA PANTAI JEPARA SAINGAN PANTAI MALADEWA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

karimun jawa

Selain di kenal sebagai kota ukir, Jepara juga terkenal dengan pantai-pantai yang eksotis. Keberadaan pantai yang eksotis bahkan banyak di juluki Maladewa ke-2. Sebutan ini sangat familiar di telinga traveler dengan sederet destinasi wisatanya mirip Maladewa. Potret mini Maldives bisa traveler jumpai ketika berkunjung ke pantai-pantainya terutama di Kepulauan Karimun Jawa.

Pantai-pantai di Jepara bisa dibilang eksotis meskipun posisinya berada di utara Jawa namun kebanyakan pantai di Jepara  memiliki pasir putih dengan perairan dangkal yang sangat jernih. Siapapun yang berlibur ke pantai di Kota Ukir ini pasti akan merasa seperti sedang liburan di Maladewa. Dengan segala kelebihannya, bukan hal yang berlebihan jika kemudian Jepara berani memakai slogan wisata The Beauty of Java dan berikut pantai-pantai paling eksotis di Jepara hasil liputan team jt.

1 Karimun jawa, pulau tropis saingan Maladewa.

Sebagai salah satu andalan utama pariwisata kabupaten Jepara, Kepulauan Karimun jawa direkomendasikan untuk di kunjungi selama liburan di Bumi Kartini. Kawasan yang memiliki 27 gugusan pulau dengan keunikan masing-masing dan telah ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak tahun 2001. Walaupun  lokasinya terpisah dari daratan utama Pulau jawa dan untuk pergi ke sana traveler harus naik perahu boat atau kapal PELNI dari dermaga Pantai Kartini dengan perjalanan laut selama 2-3 jam.

Tak sedikit traveler yang kaget ketika menginjakkan kaki di pulau-pulau yang ada di Karimun Jawa. Secara sempurna gugusan pulau-pulaunya menggambarkan wajah pulau tropis yang sesungguhnya dengan hamparan pantai berpasir putih, laut dangkal dan jernih sehingga terumbu karang dengan mudah dilihat mata telanjang serta nyiur ( pohon kelapa ) yang tumbuh di tepi pantai makin mempercantik panorama Karimun jawa.

Kepulauan Karimun Jawa memang menjadi surga snorkeling dan diving di pantai utara Jawa. Hanya di tempat ini traveler mempunyai kesempatan berenang dengan hiu di penangkarannya.

2.Pantai Kartini dengan bangunan kura-kura raksasa

Dinamakan pantai Kartini karena konon di pantai inilah Kartini kecil bermain-main dengan saudara-saudarinya. Dengan lokasi berada cukup dekat hanya 2,5 km dengan pendopo Kabupaten Jepara. Sehingga hanya butuh 10 menit saja untuk mencapai ke lokasi. Mempunya fasilitas yang lengkap dan memang menjadi salah satu pantai populer di Jepara dengan ciri kas ikonik keberadaan bangunan kura-kura raksasa di pinggir pantai.

  1. Pantai Pungkruk

Masih berada di sekitar pusat kota Jepara berjarak 7 km dari pendopo kabupaten, Traveler, bisa memandangi lautan lepas dengan bebas. Berbeda dengan pantai lainnya yang mengandalkan pasir pantai yang putih, pantai ini mayoritas terdiri dari karang. Satu-satunya cara menikmati pantai ini adalah dengan bersantai di pinggirnya sambil menikmati kuliner kas Jepara ikan bakar segar dan pindang Serani serta memandangi laut lepas.

  1. Seaside beach, tempat nongkrong yang lagi hits

Satu lagi tempat keren untuk berakhir pekan yang terkenal dengan sebutan Seaside Beach. Adalah tempat makan dengan konsep terbuka dan menghadap ke laut. Suguhan utamanya terletak pada panorama sore hari ketika matahari terbenam di tengah laut. Walau meski konsep utama tempat makan outdoor, tapi ketika  musim hujan, restoran ini juga memiliki tempat makan di dalam ruangan. Memang harga menunya di peruntukan untuk kalangan menengah ke atas  namun di sini juga di sediakan menu yang bersahabat untuk kalangan mahasiswa.

  1. Pantai Empurancak ( Purancak ), pantai eksotis untuk kalangan Backpacker

Berada di desa Karang Gandong, kecamatan Mlonggo, Jepara traveler bisa mengunjungi pantai ini tanpa di pungut tiket yang berlebih, karena eksotis pantai ini masih dalam pengembangan oleh pemda Jepara. Di pantai ini terkenal dengan ikan bakar segar dengan harga bersahabat yang bisa di nikmati sambil berjalan-jalan di pantai putih sambil menikmati panorama laut jawa.

  1. Pantai Pulau Panjang

Pilihan destinasi lain yang tidak kalah eksotis dari Karimun Jawa namun lokasinya mudah dan cepat dijangkau. tinggal menyeberang ke Pulau Panjang dengan perahu kayu dari dermaga Pantai Kartini. Jaraknya hanya 2,5 km dari bibir pantai dan bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja.

Pulau Panjang merupakan potret alami dari pulau tropis yang eksotis. Pantai dengan ombak dan arus yang tenang sehingga cocok digunakan sebagai spot snorkeling atau sekedar berenang.

  1. Pantai Pecatu, eksotis pulau Mandalika berpasir hitam

Pantai Pecatu adalah nama lengkap Pantai Goa-manik Pecatu. Pantai berpasir hitam ini bisa temukan di desa Banyumanis. Menariknya meskipun memiliki nama Goa-manik namun di kawasan ini tidak terdapat satupun Goa. Traveler bisa menghabiskan waktu di bukit yang ada di sebelah pantai. Di bukit ini terdapat gardu pandang yang digunakan wisatawan untuk melihat panorama sekitar pantai dengan leluasa termasuk penampakan pulau Mandalika di tengah laut.

  1. Pantai Teluk Awur dengan destinasi hutan Mangrove

Pantai Teluk Awur bisa menjadi alternatif  tempat wisata pantai yang terletak di sebelah selatan pantai Kartini. Banyak wisatawan yang suka pergi ke pantai ini karena suasananya yang relatif lebih sepi dan tenang dibanding pantai lainnya di dekat pusat kota.Jepara.

Dengan pesona hutan mangrove yang menjaganya dari abrasi air laut yang berperan dalam menciptakan suasana yang sejuk. Ditambah tidak ada kapal yang melintasi kawasan ini membuat suasana sekitar pantai menjadi lebih tenang dan airnya jernih sehingga sangat cocok di gunakan bagi suka berenang atau snorkeling.

  1. Pantai Bandengan ( Tirto samudo )

Pantai dengan sebutan bahasa Belanda  “ Klein Scheveningen “ atau yang terkenal dengan nama Pantai Bandengan  terletak 7 km dari pendopo Kabupaten Jepara, Pantai dengan air yang jernih serta pasir putih membuat traveler yang berkunjung  tidak akan tahan dengan godaan pantai ini untuk menceburkan diri ke laut. Dilengkapi oleh banyak operator wisata yang menawarkan permainan air  salah satunya adalah banana boat serta panorama serta tempat makan yang eksotis di tepi pantai.

Print Friendly, PDF & Email
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Categories: _Headline,Budaya dan Wisata,Jepara,Nasional

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Website
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu