JALAN BERLIKU 7 BINTANG 3 POLRI REBUTKAN JADI KAPOLRI

oleh
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

Jt.Com-Jakarta-Jenjang Karier tertinggi Korps baju Coklat adalah Kapolri. Jabatan bergengsi yang akan menentukan kiprah serta kinerja Kepolisian akan di tentukan seberapa hebat Kapolri tersebut.

Kapolri yang sekarang Jendral Pol Badradun Haiti dikabarkan akan memasuki masa pensiun pada 24 Juli 2016. sehingga selayaknya Polri harus lebih awal memilih pengganti Kapolri yang lebih baik lagi.

Terdapat 7 Perwira tinggi bintang 3 (Komjen) yang kini berpeluang memimpin Polri, yaitu

WakaPolri                           Komjen Budi Gunawan.

-Kepala BNN                        Komjen Budi Waseso.

-Kepala BNPT                      Komjen Tito Karnavian,

-Kepala Kalemdikpol       Komjen Syafruddin.

-Kepala Baintelkam          Komjen Nur Ali.

-SekUt Lemhanas              Komjen Suhardi Alius. 

-Irwasum                              Komjen Dwi Priyatno 

Mereka akan melalui mekanisme penggodokan calon kapolri oleh Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri, selanjutnya diberikan ke Presiden Jokowi sebagai rekomendasi.

Namun demikian jalan menuju Kapolri juga harus melalui mekanisme kusus tentang kemungkinan perpanjangan dinas Kapolri yang sekarang seperti yang di ungkapkan anggota Kompolnas Yotje Mende di kantor Kompolnas, Selasa (7/6/2016). Yotje menyebutkan pada bulan Juni nanti diperkirakan sudah ada nama calon Kapolri baru. kepastian nama tersebut menunggu keputusan Dewan Kebijakan dan Kepangkatan Tinggi (Wanjakti) Polri  sesuai UU No 2/2002 tentang Kepolisian RI.

“Peraturan tersebut mengatur tentang mekanisme, prosedur, tata cara, terkait pengangkatan dan pemberhentian Kapolri diatur dalam PP. Nah… PP itu nomor 1 tahun 2003. Jelas kan di situ. Jadi 58 tahun bisa dipertahankan, dipertahankan ya bahasanya, bukan diperpanjang. Dapat dipertahankan sampai 60 tahun karena keahlian khusus yang dibutuhkan institusi. Jadi PP mengatur tentang tata cara, prosedur pengangkatan harus lewat Wanjakti dan sebagainya. Ada koq aturanya, buka saja ya…” tutur Yotje.

Jalan berliku bakal di lalui 7 calon Kapolri yang sudah terkenal kinerjanya selama ini. Tinggal menunggu kebijakan Jokowi menentukan sikap, perpanjangan Kapolri yang sekarang atau pilih Kapolri baru.

 

 

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.