BESUK SORE, 1 SEPTEMBER, 124 KOTA DI INDONESIA BISA MENIKMATI MATAHARI CINCIN

oleh

Jt.com-Jakarta – Kembali keajaiban alam berupa gerhana matahari yang kali ini akan menampakan Gerhana Matahai Cincin akan melawati 124 kota di 10 provinsi di Indonesia.

Pihak Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Rabu (31/8/2016) menyatakan  gerhana matahari cincin akan terjadi pada 1 september besuk sore dengan melewati Samudera Atlantik, Afrika bagian tengah, Madagaskar dan Samudera Hindia.

“Di Indonesia, gerhana ini dapat disaksikan di Kepulauan Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur bagian barat dengan intensitas gerhana di tiap lokasi akan berbeda-beda. Kontak pertama Gerhana Matahari Cincin di Indonesia di daerah Pacitan yang akan terjadi pada pukul 17:26:00,9 WIB dan selanjutnya menyebar ke daerah lain…”kata sumber dari BMKG.

Fenomena alam langka ini diperkirakan akan mengalami puncaknya sekitar pukul 17:52:18,5 WIB di sekitar kepulauan Mentawai, Sumbar dan berakir di daerah Kepahiang, Bengkulu pada pukul 18:06:58,2 WIB.