SDN 1 DEMAK, ANTARA PAKAIAN ADAT DAN 19 BANGKU JAMAN BELANDA

oleh

Jatengtime.com-Demak-Ada suasana yang berbeda yang di temukan di SDN 1 Bintoro Demak, Jalan Pemuda, Kelurahan Bintoro, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak.

Suasana kebhinekaan dapat di temui di sd ini tiap tanggal 28. Seluruh siswa siswi yang berjumlah 12 kelas ( masing-masing kelas terdiri dari 2 kelas ) beserta dewan guru memakai seragam ( pakaian ) adat.

Selain pakaian adat, ternyata di SDN 1 Bintoro Demak ini terdapat sebuah bangunan kuno yang di fungsikan sebagai aula, dan 19 bangku kayu jati kuno peninggalan jaman Belanda ( HIS- Hollandsche Inlandsche School atau SR-Volkschool, Sekolah Rakyat ).

Endang Supriyati, SPd yang menjabat Kepala Sekolah SDN 1, Sabtu (28/10/2017) sekitar pukul 11.00 WIB dan ternyata sebagai pencetus penggunaan seragam pakaian adat menyatakan, idenya ini telah melalui mekanisme awal meminta ijin komite sekolah dan wali murid dan langsung di setujui.

Sedangkan mengenai bangunan dan 19 bangku peninggalan Belanda ini, Bu-de dari Ayung, penyanyi keroncong cilik Kabupaten Demak ( http://www.jatengtime.com/2017/10/15/ayung-walangkekek-dari-kota-wali-akankah-menjadi-penerus-waldjinah.html ) mengaku akan berusaha bersama pihak sekolah, komite dan orang tua siswa akan melestarikan aset langka ini agar bisa menjadi cagar budaya Kabupaten Demak.