,

COBAN PUTRI, BATU MALANG TEMPAT MANDI KEN DEDES

oleh

Jatengtime.com-Malang-Coban Putri ( Coban = Air Terjun ) nama bagi sebuah destinasi Wana wisata yang baru yang mulai digarap sejak 2012 bakal menjadi salah satu tambahan tujuan wisata di Batu, Malang, Jatim.

Air terjun Coban Putri yang terletak di Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Batu Malang ini memang keadaanya masih sederhana. Untuk sampai di lokasi pengunjung hanya bisa menggunakan sepeda motor ( ojeg ) dari pemuda setempat, sedang kendaraan roda 4 hanya bisa sampai di sebuah pendopo sederhana.

Destinasi Wana wisata Coban Putri selain menampilkan air terjun yang berair jernih dan diyakini masyarakat setempat, konon dahulu kala Coban Putri sebagai ” Tempat mandi Ken Dedes ” setinggi 20 meter yang keluar dari sela-sela batu tebing, pengunjung juga dimanjakan sport foto di gardu pandang yang di buat seperti tangan raksasa dengan latar belakang panorama alam, ayunan dan lain-lain.

Suwandi ( 50 ) sebagai penggagas dan juga termasuk tokoh penting dalam upaya membuka akses jalan menuju lokasi air terjun ini menyatakan obyek wisata alam ini sengaja di buka untuk umum dengan pengelolaan menggandeng pemuda desa dan tokoh masyarakat dengan tujuan membangkitkan perekonomian desa.

Kedepan, suami Isna Nur Aini dan ayah dari 3 putri ini akan menambah wahana baru di sekitar Coban Putri seperti kolam pemancingan dan danau buatan yang semuanya akan dialiri air dari Coban Putri.

Upaya Suwandi yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) ” Wonoasri “, Desa Tlekung bersama pemuda desa yang awalnya harus susah payahmembuka tebing, membuat jalur menuju air terjun sepanjang sekitar 700 meter nantinya tidak hanya menyejahterakan warga desa namun akan menambah PAD Batu, Malang dari sektor pariwisata.