PENGURUS BARANG DI PEMKAB DEMAK HARUS HATI-HATI DALAM BEKERJA

oleh

Jatengtime.com-Demak-Wakil Bupati Demak, Drs. H. Djoko Sutanto berpesan kepada para peserta agar senantiasa hati-hati dalam bekerja, sehingga selamat di dunia dan akhirat. Hal itu disampaikan saat menjadi narasumber pembinaan pengelolaan barang milik daerah bagi pengurus barang di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak di gedung Bina Praja, Senin (2/4). “Intinya, kita bekerja berdasarkan RPJMD dan Renstra OPD masing-masing”, tegas Djoko Sutanto sembari menyampaikan harapannya agar kedepannya LPPD pemerintah kabupaten Demak dapat masuk kategori 5 besar.

Djoko Sutanto menekankan pada peserta pelatihan bahwa selaku pengurus barang harus memiliki inventarisasi data aset barang milik OPD secara rinci, Pengurus barang harus paham betul terkait aset-aset yang dimiliki OPD masing-masing. Jika sudah, petunjuk-petunjuk dari BPK harus dilaksanakan dengan baik. Dengan begitu Kabupaten Demak dapat mempertahankan opini WTP. Ia menyampaikan kepada pengurus barang untuk tidak mempersulit proses audit tim penilai BPK yang rencananya akan mulai memeriksa tanggal 5 April mendatang.

Sekda Demak, dr. Singgih Setyono, M. Kes memberikan motivasi pada pengurus barang untuk melakukan 4 hal jika ingin maju yaitu diantaranya : 1. Berkomitmen, jujur dan dapat dipercaya, 2. Memberikan lebih dari apa yang di minta, 3. Mampu memberikan inisiatif positif yang solutif, 4. Berkepribadian baik dengan cara berpakaian rapi, wangi dan bertutur kata yang baik.

Singgih Setyono berpesan agar pengurus barang yang telah terpilih berkomitmen dengan sungguh untuk menjalankan tugas dari pimpinan yang telah dipercayakan kepadanya. Ia menekankan bahwa staf yang dapat dipercaya akan selalu dicari dan dihargai oleh pimpinan, siapapun pimpinannya.

“Kebaikan apapun yg dilakukan tidak ada yang hilang apalagi sia-sia, semua pada akhirnya akan kembali kepada kita. Hanya kita tidak tau kapan kembali dan dalam bentuk apa akan kembali kepada kita. Maka, jangan pernah menyesal berbuat baik,” pesan Singgih Setyono sekaligus menutup sesi pembinaannya.

Kabag Keuangan Setda Kabupaten Demak, Agung Hidayanto, S. Sos, MM selaku penyelenggara kegiatan tersebut menekankan bahwa peran pengurus barang sangat penting dalam menunjang keberhasilan pembangunan di Kabupaten Demak dan memiliki andil sangat kuat dalam upaya mempertahankan opini WTP.