BUPATI SERAHKAN 20 SK PENGANGKATAN KEPALA SEKOLAH

oleh

Jatengtime.com-Demak-Bupati Demak HM. Natsir menyerahkan 20 Surat Keputusan (SK) pengangkatan Kepala Sekolah Dasar Negeri se-Kabupaten Demak di ruang pertemuan Wakil Bupati, senin (30/4). “Saya ucapkan selamat kepada para guru yang diberi tugas tambahan sebagai Kepala Sekolah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Demak. Harapan saya, saudara sekalian dapat lebih meningkatkan kinerja demi terwujudnya dunia pendidikan yang lebih bermutu dan berkualitas di Kabupaten Demak”, ungkap Bupati.
Natsir melanjutkan, pendidikan memiliki peran penting dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena, masyarakat yang sejahtera tidak terlepas dari tingkat pendidikannya. Hal ini menjadi lingkaran setan yang sulit dilepas antara rendahnya pendidikan dan kemiskinan. Seorang kepala sekolah diharapkan mampu mengemban amanat dari negara untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kepala sekolah mempunyai tanggung jawab mengembangkan sekolahnya agar produk keluaran dari sekolahnya atau lulusannya benar-benar berkualitas.
Bupati juga berpesan, sebagai seorang leader/pemimpin, kepala sekolah harus mampu mengakomodir dan menfasilitasi berbagai kebutuhan warga sekolah. Termasuk menjunjung tinggi nilai kejujuran, memiliki kepedulian dan menghargai staf, memiliki integritas kerja yang tinggi, serta senantiasa bijaksana dalam bertindak. “Pahami tugas selanjutnya terapkan dalam tugas pokok dan fungsi saudara” tegasnya.
Sebagai tokoh sentral dalam peningkatan kualitas pendidikan, seorang kepala sekolah harus bekerja secara maksimal dan optimal. Maka, Bupati meminta kepada Kepala Sekolah yang baru untuk dapat memahami peran masing-masing dan bertanggung jawab dalam setiap keputusan yang diambil. “Jadilah Kepala Sekolah yang berkualitas, handal, bermutu dan profesional di Kabupaten Demak. Hindari aksi lempar tanggung jawab pasca adanya pergantian kepala sekolah. Berikan perubahan dan pembaharuan dalam rangka peningkatan kinerja dan mutu pendidikan di Kabupaten Demak. Bawalah pendidikan di Kota Wali ke arah yang lebih baik, kondusif, serta berdaya saing dengan kabupaten/kota lain”, tandasnya.
“Kita semua adalah guru dan orang tua pada saat bersamaan. Seorang pendidik untuk orang di sekitar kita dengan tindakan dan kata-kata kita”, tutup Natsir.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Sekretris Daerah kabupaten Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes, para Asisten Sekda Demak, Kepala BKPP Kabupaten Demak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Demak serta tamu undangan lainnya.