DANDIM DAN FORKOPIMDA HADIRI LARUNG KEPALA KERBAU LOMBAN 2018

oleh

Jatengtime.com-Jepara – Tradisi budaya tiap 7 hari sehabis Iedul Fitri berupa kegiatan Arak-Arakan Kerbau, Prosesi Larungan Kepala Kerbau Lomban Tahun 2018 di Kota Ukiur seperti biasa diadakan di Tempat Pelelangan Ikan ( TPI ) Ujungbatu menuju Rumah Pemotongan Hewan ( RPH ) Kelurahan Jobokuto, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jum’at (22/06/2018).

Tradisi tahunan  yang lazim di sebut Sawalan dihadiri oleh Bupati Jepara KH. Ahmad Marzuki SE, Dandim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho S I K, Ketua Pengadilan Agama Drs H Imam safii SH MH, Wakil bupati Jepara H Dian Kristiandi S Sos, Sekda Jepara Ir. Sholih. MM, OPD Jepara, Muspika kota Jepara, Kadin Pariwisata serta Lurah Petinggi sekecamatan Jepara kota serta disaksikan ribuan pengunjung dari Jepara sendiri dan pengunjung dari beberapa kabupaten sekitar.

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Jepara KH. Ahmad Marzuki SE, Wakil Bupati Jepara H Dian Kristiandi S Sos, Sekda Jepara Ir. Sholih. MM, Dandim 0719/Jepara Letkol Czi Fachrudi Hidayat ST, Kapolres Jepara AKBP Yudianto Adhi Nugroho S I K, Ketua Pengadilan Agama Drs H Imam safii SH MH , kepala OPD Jepara, Forkopimcam Jepara, serta Petinggi ( Kepala Desa ) sekecamatan Jepara kota.

Acara yang diawali dengan sambutan ketua panitia dan sambutan Bupati Jepara Bapak Ahmad Marzuki SE di lanjutkan dengan doa oleh Bapak Kyai Abdul Halim, disusul dengan pertunjukan Seni tari Warak Dungdeng dari Saka Pariwisata Jepara.

Dalam sambutanya Ahmad Marzuki menyampaikan ucapan rasa syukur kepada Allah SWT karena semua elemen masyarakat kita bisa dipertemukan dalam acara ini.

“ Pada hari ini kami dari Forkopimda Kabupaten Jepara mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1439 H mohon maaf lahir batin kepada masyarakat yang mengikuti kegiatan ini dan khususnya masyarakat Jepara…” kata Marzuki.

“ Prosesi kegiatan Arak-Arakan Kerbau, pemotongan kerbau dan Larungan Kepala Kerbau Lomban Tahun 2018 di TPI Ujungbatu, merupakan rasa syukur kita kepada Allah SWT. Kami berharap kegiatan ini bisa menjadikan daya tarik tersendiri untuk bisa menarik wisata lokal maupun mancanegara, Semoga selama kegiatan pada hari ini sampai besok diberikan kelancaran oleh Allah SWT sehingga dijauhkan bala dan bencana bagi kita semua…” imbuh Marzuki.