DEMAK MASUK 10 BESAR KABUPATEN PENYANGGA PANGAN NASIONAL

oleh

Jatengtime-Demak-Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Demak untuk menghantarkan Demak menjadi lumbung padi di Jawa Tengah dan masuk 10 besar Kabupaten/Kota penyangga pangan nasional. Selain padi, komoditi unggulan lain adalah kacang hijau, yang mampu menjadi daerah penyokong kacang hijau terbesar di Indonesia dan bawang merah sebagai penghasil terbesar ke 2 di Jawa Tengah. Hal itu terungkap saat Wakil Bupati Demak Drs. Joko Sutanto membuka secara resmi Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten Demak tahun 2018 di Gedung Binapraja Kabupaten Demak, Rabu (26/9).
Tak hanya itu saja, Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Gajah Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak juga berhasil meraih Juara Nasional Unit Kerja Pelayanan Berprestasi Utama atas Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Kepada Masyarakat Dengan Baik dari menteri Pertanian Republik Indonesia.
”Saya berharap kita tidak lekas puas diri. Semangat serta kerja keras harus terus diakukan, agar bidang pertanian di Kabupaten Demak terus meningkat. Terutama di komoditas lokal yang kita miliki, seperti jambu dan belimbing.” kata Wabup.
Joko minta kepada seluruh yang hadir, utamanya anggota Dewan Ketahanan Pangan agar menyamakan persepsi. “Segera lakukan komunikasi dan koordinasi lintas sektoral sehingga permasalahan dibidang pertanian dapat segera diatasi. Termasuk diantaranya tidak ada lagi alih fungsi lahan pertanian.” pungkasnya.
Sementara Sekda Demak dr. Singgih Setyono, M.Kes menyampaikan, untuk memperoleh keturunan yang sehat dan bebas stunting diperlukan pemenuhan kebutuhan pangan yang tercukupi. “Kalau kebutuhan pangannya tercukupi berarti kebutuhan gizinya terpenuhi sehingga diharapkan menghasilkan keturunan yang terbebas dari stunting.” katanya.
Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Ir. Wibowo, MM mengatakan, Rakor tersebut dihadiri 70 peserta dari unsur Dewan Ketahanan Pangan Kabupaten dan Kecamatan, gapoktan, poktan dan wanita tani se Kabupaten Demak serta Camat seKabupaten Demak.
Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Dandim 0716/Demak Letkol Abi Kusnianto serta Asisten Sekda Demak.