AL FATEHAH KUSUS UNTUK KORBAN BENCANA DARI INSAN SENI DEMAK

oleh

Jatengtime.com-Demak-Acara penggalangan dana untuk korban bencana alam gempa bumi dan tsunami Palu dan sekitarnya, dibawah Videotron komplek Simpang Enam, Sabtu (6/10/2018) yang dilakukan insan seni Kabupaten Demak dengan wadah PAMMI telah berlangsung sukses.

Ada beberapa hal yang mungkin terlewatkan oleh masyarakat atau pengunjung pada waktu kegiatan kemanusiaan ini dan patut untuk menjadi bahan renungan bersama.

Memanjatkan surat Alfatehah

Sebelum azan sholat magrib berkumadang, acara kemanusiaan ini sudah dihentikan dan kegiatan yang dilokasi diisi dengan do’a kusus surat Alfatehah bagi korban bencana alam baik yang meninggal dunia maupun korban yang keluarganya meninggal dunia.

Berjalan kaki mencari donasi

Upaya nyata tak kenal lelah dari insan musik Demak dalam menggalang donasi dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri Simpang Enam, keluar masuk kampung terdekat, sekitar pasar Bintoro  bahkan sampai jembatan Kracaan yang beradius sekitar 2 km dari titik lokasi kegiatan.

Tidak menimbulkan kemacetan

Walau pusat kegiatan di bawah videotron komplek Simpang Enam yang menjadi pusat keramaian masyarakat Demak dan di pinggir jalan pantura, kegiatan mencari donasi untuk korban bencana ini tidak sampai membuat arus lalu lintas macet. Hanya terpantau arus tersendat tidak sampai 1 menit. Semua kendaraan yang melintas berjalan pelan dan tertib sambil sesekali pengendara memberikan sebagian rejekinya pada relawan insan seni yang berjajar dipinggir jalan.

Tidak ada tawuran atau gesekan dengan warga

Selama acara kemanusiaan yang digelar insan ini, kekawatiran beberapa pihak akan terjadi tawuran atau gesekan dengan warga, pengunjung Simpang Enam bahkan pengguna jalan tidak terjadi. Sejak acara dimulai pukul 17.00 WIB sampai selesai pukul 22.00 acara berlangsung aman dan tertib.

Personil insan seni juga berdonasi

Tidak hanya melakukan kegiatan penggalangan donasi kepada masyarakat untuk korban bencana alam, diam-diam jatengtime memantau perilaku insan seni dan relawan ini terpantau juga memberikan sumbangan dana pribadi yang diambil dari dompet masing-masing personil sehingga jumlah dana donasi yang terkumpul dan diserahkan ke PMI Demak lumayan besar ( http://www.jatengtime.com/2018/10/07/galang-donasi-sukses-pammi-demak-langsung-kirim-donasi-ke-pmi-demak.html )