oleh

Presiden Terima 3.397.036 SMS dan 112.997 Pucuk Surat

WARGA masyarakat mengeluhkan masih seringnya terjadi pemadaman listrik di beberapa daerah, kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pengaduan tersebut mereka kirim baik melalui SMS ataupun PO BOX 9949 JKT 10000.

Salah satu SMS mengeluhkan seringnya pemadaman listrik di Sungai Liat, Bangka. Pemadaman disebabkan adanya perbaikan gardu listrik, dan peningkatan kapasitas jaringan transmisi yang membutuhkan waktu lama.

Pengaduan masyarakat lainnya menyangkut penyelesaian sengketa lahan/tanah yang berlarut-larut, apalagi proses hukumnya mulai dari pengadilan negeri hingga Mahkamah Agung.

Masyarakat dari Tanjung Jabung Barat,Gunung Sitoli,Deli Serdang dan Manggarai Timur mengadukan keterlambatan pembayaran sertifikasi guru. Pembayaran terlambat karena belum dibayarkan oleh daerah/kabupaten, sementara dana dari pusat sudah disalurkan ke rekening daerah.

Beberapa pensiunan mengeluh lambatnya proses penyelesaian SK pensiun, sehingga mereka belum menerima haknya tepat waktu. Proses SK pensiun dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) ke Badan Kepegawaian Negara (BKN) membutuhkan 12 bulan, dan di Sekretariat Kabinet 3 bulan.

Kecelakaan Lebaran 2012

Sejumlah SMS lainnya menyampaikan keprihatinan atas tingginya angka kecelakaan lalulintas pada musim Lebaran 2012, yang disebabkan kelebihan muatan dan tidak patuhnya pengendara sepeda motor terhadap peraturan berlalulintas.

Kepada Presiden SBY masyarakat mengeluhkan maraknya aksi bajing loncat kawanan begal di Lampung Tengah, seperti yang terjadi saat musim mudik lebaran 2012. Mereka meminta Presiden SBY menambah personel kepolisian dan memperbanyak patroli di daerah rawan tersebut.

Tulisan Wamenkumham Denny Indrayana di Twitter tentang “Advokat Koruptor” merupakan salah satu pengaduan kepada presiden.

Dalam SMS dan surat, masyarakat menanggapi Twitter Wamenkumham dalam nada pro dan kontra.. Wamenkumham Denny Indrayana sendiri menjelaskan bahwa yang dimaksud adalah oknum pengacara yang membela kasus korupsi dengan segala cara termasuk menyuap,memperjualbelikan keadilan,serta cara-cara koruptif lainnya.

Wamenkumham mengakui profesi advokat dan meminta maaf kepada advokat-advokat bersih dan mengajak membersihkan profesi advokat dari perilaku oknum yang membela kasus korupsi dan sama sekali tidak berpijak pada etika profesi.

Masyarakat sangat berharap banyak pada Presiden SBY dalam pemberantasan praktik korupsi. Melalui SMS dan surat, masyarakat meminta Presiden SBY menuntaskan kasus korupsi di lembaga kepolisian.

Pengaduan masyarakat melalui SMS dan PO BOX 9949 tanggal 16 – 31 Agustus 2012-09-06 jumlah SMS

SMS

2.340

PO BOX

12

Surat dibalas

3

Sejak mulainya Kabinet Indonesia Bersatu I Juni 2005 hingga 31 Agustus 2012, Presiden SBY menerima 3.397.036 SMS dan 112.997 pucuk surat melalui PO BOX 9949 JKT 10000.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Sosisl Sardan Marbun mengatakan, masukan yang disampaikan masyarakat kepada presiden, baik melalui SMS maupun surat, mendapat perhatian. Menurut Sardan Marbun, Presiden SBY menilai SMS dan surat kepadanya sebagai masukan berharga untuk mengetahui suara dan aspirasi rakyat.

Marbun menambahkan, semua pengaduan atau masukan kepada presiden mendapat perhatian. SMS dan surat yang masuk sebagian juga diteruskan keinstansi terkait, sesuai permasalahan dan aturan yang berlaku.

Sumber: setkab/WID

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed