Jelang Pilkades di Wonosobo, Bapermasdes Berikan Santiaji Perangkat Kecamatan

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

WONOSOBO – Menjelang pelaksanaan Pilkades di 169 desa pada akhir tahun ini, Bapermasdes Wonosobo mulai melaksanakan sosialisasi dengan pemberian petunjuk dan pengarahan strategi kerja pelaksanaan pilkades kepada para Sekretaris Kecamatan dan Kasi Pemerintahan Kecamatan di 15 kecamatan di Pendopo Wakil Bupati,baru-baru ini.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo, Sudiyono, didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonosobo, Retno Eko S, menyampaikan paparan Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo nomor 6 tahun 2012 tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah nomor 8 tahun 2008 tentang Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Wonosobo nomor 6 tentang Tata Cara Pemilihan, Pencalonan, Pelantikan dan Pemberhentian Kepala Desa, yang diatur dalam Peraturan Bupati Wonosobo nomor 21 tahun 2012. Selain Peraturan Bupati Wonosobo nomor 21 tahun 2012, juga tentang tahapan kegiatan pilkades massal tahun 2012.

Dalam kesempatan tersebut, Sudiyono menegaskan kepada perangkat kecamatan untuk tidak terlambat dalam melaksanakan tahapan kegiatan pilkades massal tahun 2012, karena dikhawatirkan jika sampai ada keterlambatan akan menimbulkan permasalahan di lapangan. Oleh karena itu, Sudiyono meminta agar perangkat kecamatan memedomani Peraturan Bupati Wonosobo nomor 21 tahun 2012 dengan seksama, dan selalu melakukan koordinasi baik ke BAPERMASDES maupun Badan Permusyawaratan Desa yang akan melaksanakan Pilkades.

Kegiatan pilkades massal tahun 2012, untuk tahap awal akan dilaksanakan pembentukan panitia pilkades, yang dijadwalkan tanggal 1 s/d 7 Oktober 2012. Dilanjutkan pembekalan bagi panitia pilkades oleh kecamatan, tanggal 8 s/d 12 Oktober. Sedangkan sosialisasi kepada masyarakat akan dilaksanakan mulai 13 s/d 19 Oktober. Untuk pendaftaran calon pemilih akan dilaksanakan pada 20 sampai 29 Oktober, sedangkan pengumuman Daftar Pemilih Sementara (DPS) tanggal 30 Oktober sampai 12 November, dan pengumuman Daftar Pemilih Tetap (DPT) direncanakan tanggal 3 sampai 5 Desember 2012.

Sementara pembagian kartu undangan ke masyarakat akan dilaksanakan tanggal 16 sampai 17 Desember, kampanye calon kades direncanakan tanggal 17 sampai 18 Desember, rapat terbuka pemilihan Kepala Desa akan dilaksanakan pada 19 Desember.

Untuk mempermudah monitoring dan evaluasi pelaksanaan pilkades tahun 2012 setiap kecamatan akan membuat laporan singkat pelaksanaan pilkades kepada Bupati antara tanggal 19 sampai 20 Desember 2012. Sedangkan pengesahan Calon Kades Terpilih dengan Surat Keterangan (SK) Bupati pada tanggal 15 Januari 2013, dan pelantikan calon kades terpilih direncanakan antara tanggal 15 Januari sampai 14 Februari 2013.

Sumber: Humas Setda Wonosobo

Print Friendly, PDF & Email
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Categories: Pemerintahan,Wonosobo

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Website
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu