Musim Kemarau Datang, Waspada Terkena Penyakit ISPA

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

MUSIM kemarau yang terjadi di Jawa Tengah saat ini, berdampak terhadap rentannya masyarakat terkena penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, dari jumlah 100.000 penduduk yang menderita ISPA sekitar 74,4 persen dan yang tertinggi terjadi di wilayah Kabupaten Pekalongan, sedangkan yang terendah di Kota Magelang sekitar 20,6 persen.

Kasi Manajemen Informasi dan Pengembangan Kesehatan (Misbangkes) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, Taufik Kurrachman mengatakan, untuk data tahun 2012 belum bisa dipublikasikan karena masih tahun berjalan.

Dijelaskannya, selain penyakit ISPA, pihaknya juga menemukan kasus penyakit paru-paru yang mencapai 59,52 persen dengan total kesembuhannya mencapai 85,15 persen.

“Kami menyarankan kepada masyarakat untuk memakai penutup mulut (masker) ketika menggunakan kendaraan, sehingga tidak terlalu banyak menghirup debu dan perlu memperbanyak minum air putih,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Dirinya pun menganjurkan bagi masyarakat yang sudah terkena penyakit tersebut, untuk segera minum obat yang banyak di jual di apotik terdekat.

“Karena dengan seperti itu dapat mencegah terjadinya penyakit asma karena debu,” himbaunya.*

Editor : Herry Febriyanto

Print Friendly, PDF & Email
Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.

Categories: _Headline,Kota Semarang,Semarang Today

Tags:

Leave A Reply

Your email address will not be published.

Website
Download Premium Magento Themes Free | download premium wordpress themes free | giay nam dep | giay luoi nam | giay nam cong so | giay cao got nu | giay the thao nu