Aktifitas Investasi di Indonesia Mengalami Peningkatan

oleh

AKTIFITAS investasi di Indonesia terus mengalami peningkatan seiring dengan kestabilan pertumbuhan ekonomi nasional dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal tersebut diutarakan Menteri Keuangan Agus Martowardojo saat menghadiri kegiatan Indonesia Investment Forum di Hotel Four Seasons, Jakarta, Senin (17/9).

Menurutnya, dengan kondisi saat ini menarik minat investor asing untuk menanamkan modal di Indonesia. Terbukti, hingga semester I pertumbuhan investasi secara keseluruhan menunjukkan angka 11,2 persen, dibandingkan angka pertumbuhan investasi tahun lalu yang tercatat 8,8 persen. Sedangkan angka investasi asing atau foreign direct investment tercatat lebih tinggi secara tahunan (year on year) pada semester I yaitu meningkat hingga 30,4 persen.

“Total investasi langsung tercatat Rp 148 triliun pada paruh pertama 2012 atau naik 28,1 persen dari tahun lalu. Secara detil, investasi asing atau FDI meningkat 30,4 persen menjadi sekitar Rp107,6 triliun,” ujarnya.

Sedangkan di sektor industri, manufaktur dan pertambangan merupakan sektor dengan nilai investasi asing terbesar, masing-masing membukukan 50,5 persen dan 16,3 persen dari total FDI pada triwulan kedua 2012.

Lebih lanjut dirinya mengungkapkan, pemerintah akan memberikan bentuk insentif perpajakan kepada investasi serta sektor industri dan meneruskan agenda reformasi birokrasi untuk terus menjaga iklim investasi di Indonesia.*

Sumber : Humas Setkab/Depkeu

Editor : Herry Febriyanto