Gelar Aksi Bersih Pantai, Peringati HUT PMI ke 67

oleh

MEMPERINGATI Hari Ulang Tahun (HUT) ke-67 tahun 2012 ini, Palang Merah Indonesia Kabupaten Pekalongan menggelar aksi bersih Pantai Wonokerto, Senin (17/9).

Aksi tersebut dipimpin langsung Ketua MPI Kabupaten Pekalongan Ir. Hj. Arini Harimurti Antono yang diikuti oleh segenap insan PMI Kabupaten Pekalongan yang terdiri dari pengurus, pembina, pelatih, korps sukarelawan, Palang Merah Remaja (PMR), Camat beserta Muspika Kecamatan Wonokerto.

” Tema peringatan PMI kali ini adalah Kaum Muda sebagai Agen Perubahan, tentunya hal ini merupakan sebuah pesan peringatan mengajak generasi muda untuk terjun, terlibat serta berkomitmen dalam aksi kemanusiaan, karena generasi muda sebagai roda penggerak aksi-aksi kemanusiaan,” kata Hj. Arini.

Dijelaskannya, dalam kurun waktu 67 tahun ini, PMI mengahadapi banyak sekali tantangan, hambatan dan rintangan. Saat ini PMI semakin tegar dan matang dalam menghadapi bencana, konflik dan persoalan sosial yang melanda masyarakat.

“PMI tengah mendorong dan meningkatkan keikutsertaan relawan muda untuk berpartisipasi aktif di setiap gerakan kemanusiaan. Sejak dini, mereka harus didorong untuk berperan menjadi agen atau pelopor untuk menyebarkan pemahaman kepada sebayanya dan masyarakat mengenai pentingnya gerakan kemanusiaan dalam kehidupan ini,” ujarnya.

Menurutnya, aksi kemanusiaan dapat diwujudkan antara lain dalam penanganan bencana, masalah kesehatan, donor darah, pelestarian lingkungan serta perubahan iklim.

“Kegiatan pengobatan gratis dan donor darah ini merupakan bentuk komitmen PMI untuk membantu pemerintah dalam bidang pelayanan kesehatan dan sekaligus sebagai sarana menanamkan dan menumbuhkan semangat kemanusiaan di tengah masyarakat,” ungkapnya.*

Sumber : Humas

Editor : Herry Febriyanto