KOMPOL SUTOMO, POLISI LANGKA DIMATA WARGA DEMAK DAN AWAK MEDIA

oleh

Jatengtime.com-Demak-Nama Kompol Sutomo atau sering di panggil pak Tomo di mata warga Demak maupun di dunia maya ( Medsos ) Facebook sangat familier.

Polisi kelahiran Blora yang mengawali karier di jajaran Polri dari bawah dikenal sangat dekat dengan masyarakat berbagai lapisan harus menunaikan tugas pindah ke Polres Wonosobo dengan menempati jabatan yang sama ketika di Polres Demak yaitu menjabat sebagai Kabagops.

Kisah-kisah menarik dari sosok Kompol Sutomo yang merakyat sangat berkesan.

Polisi yang pernah di demo kepala desa dengan alasan kepala desa tersebut tidak terima di tarik dari jabatan Kapolsek Gajah, Demak.

Polisi yang ketika menjabat Kabaghumas Polres Demak, ruang kerjanya berbau amis karena dikirimi kepiting, ikan asin, terasi, kerang laut dan bawang merah oleh salah seorang warga Kecamatan Wedung, Demak yang menderita ( ma’af ) disabel ( bisu ) yang pernah di tolong oleh Sutomo. Bau amis di ruang Kasubaghumas sampai terasa seminggu lebih.

Sutomo yang dikenal sangat dekat dengan awak media yang sehari-hari mangkal di Polres Demak juga mempunyai pengalaman unik yaitu beliau karena kasihan dengan kesejahteraan wartawan sering nombok mengajak makan wartawan sehabis ada kegiatan di Polres Demak.

Kompol Sutomo yang punya cara unik dan berani, selalu membaur dan duduk diantara pengunjuk rasa tanpa alas ( di aspal jalan ) mengajak bersenda gurau sehingga aksi unjuk rasa selalu berakir kondusif.

Polisi unik yang pernah terpaksa memangkas habis kumis ciri kasnya yang di rawat selama 21 tahun guna memerenkan “ Obama “ yang berkunjung ke Indonesia makin terkenal di mata warga Demak ( https://www.youtube.com/watch?v=4lwng1ZtB1o ) dan juga sebelumnya sempat mengocok perut anak-anak dan pejabat Demak dengan memerankan Raja Salman juga di Simpang Enam Demak ( https://www.youtube.com/watch?v=KWxU26bV040 ) dinilai sebagai langkah insiratif dari Polri Kususnya Polres Demak dalam rangka upaya lebih mendekatkan diri pada masyarakat.

Kompol Sutomo yang dikenal sepak terjangnya garang memberantas berbagai berbagai tindak pidana sosial ( judi, togel, miras dan peredaran karaoke ) ternyata menjadi puncak kariernya di Polres Demak.

Kamis (31/5/2018) sekitar pukul 16.30 WIB secara resmi serah terima jabatan ( Sertija ) Kompol Sutomo berlangsung di halaman belakang Polres Demak dan dilanjutkan dengan buka bersama dengan seluruh jajaran Polres Demak serta awak media.

Dalam rangkaian acara sertijab inipun ciri kas Kompol Sutomo yang dekat dan guyon dengan wartawan berlangsung cukup unik. Kompol Sutomo di rayu wartawan elektronik dan on-line untuk bersedia di suapi sebagai tanda perpisahan namun tetap berkomunikasi seperti biasa.

Kompol “ Sutomo Obama Salman “ akirnya tidak bisa menolak rayuan maut wartawan, sesi acara wartawan menyuapi beliau berlangsung sukses penuh canda seperti keseharian beliau dengan wartawan.