SMAN 2 DEMAK ADAKAN WORKSHOP JURNALISTIK CETAK SISWA BIJAK BERMEDSOS

oleh

Jatengtime.com-Demak-Bertempat di gedung serba guna lantai 2, Senin (10/12/2018) mulai pukul 08.00-14.00 WIB SMAN 2 Demak mengadakan kegiatan workshop jurnalistik siswa yang mendatangkan 2 narasumber Wahib dari media cetak Jawa Pos di sesi pertama dan Zuliadi Akhmad, pemimpin redaksi media online jatengtime.com di sesi ke-dua.

Kegiatan yang diikuti perwakilan kelas yang di dominasi oleh siswa putri mengambil tema “ Goresan Pena Tumbuhkan Karya “ bertujuan mencetak siswa siswi berperilaku bijak dalam menggunakan sarana komunikasi sosial media agar tidak menjadi korban berdampak hoax, berita bohong dan ujar kebencian yang sedang marak terjadi di masyarakat akir-akir ini.

Waka Humas SMA 2 Demak, Nur Aini S.pd atas nama Kepala sekolah Dra. Siti Asiyah. MM. M. Pd.SMA 2 Demak menuturkan sebagai akibat penggunaan IT terutama sosial media yang dinilai sangat berpotensi tidak baik bagi para siswa maka sangat perlu diadakan kegiatan menangkal potensi tersebut sekaligus memberikan pelatihan jurnalistik yang memang ada kaitanya dengan segala sesuatu bentuk pemberitaan.

“ Sudah menjadi kewajiban sekolah beserta para guru untuk membentengi seluruh siswa agar tidak menjadi korban berdampak hoax, ujar kebencian dan segala macam akibat buruk dalam menggunakan aplikasi medsos yang saat ini sedang marak terjadi. Penggunaan medsos memang ada sisi baik, namun tidak bisa dipungkiri sedikit banyak akan berdampak masif dan sangat merugikan para siswa apabila para siswa tidak dibekali dasar ilmu kompeten mengenai kebijakan penggunaan media sosial…” Kata Nur Aini.

“ Kami telah berupaya mencari solusi pencegahan dini, dan munculah gagasan untuk mengadakan kegiatan tangkal keburukan dalam bermedsos yang akan dipaparkan wartawan sekaligus memberikan pembelajaran dini ber-jurnalis kepada para siswa. Siapa tahu ada siswa yang justru malah minat menekuni dunia jurnalis yang secara tidak langsung akan selalu memberikan pencerahan berkomunikasi kepada masyarakat lewat karya-karyanya baik tulisan, foto yang penuh makna tersirat…” imbuh Nur Aini S.pd.