oleh

MENTERI SUSI UPAYAKAN BANGUN TPI DI BETAHWALANG DEMAK

Jatengtime.com-Demak-Menteri Kelautan dan Perikanan ( MKP ) Susi Pudjiastuti saat kunjungan kerja di Desa Betahwalang, Kabupaten Demak, Senin (29/7/2019) saat diadakan acara rutin tahunan warga ” Sedekah Laut ” merasa prihatin dengan kesejahteraan dan taraf hidup warga desa/ nelayan di desa ini.

Menteri Susi yang dalam kunjungan di Kabupaten Kota Wali ini didampingi Bupati Demak HM. Natsir dan Forkopimda menjelaskan fakta bahwa nilai ekspor hasil laut Rajungan dari Jawa Tengah sudah mencapai Rp 5 triliun. Dan ternyata 15 persen dari total ekspor tersebut disumbang langsung dari nelayan desa Betahwalang ini.

Walaupun menyumbang cukup banyak, namun menurut menteri Susi kesejahteraan warga/ nelayan di desa tersebut masih belum terlihat.

“ Saya lihat di sini banyak rumah warga yang kurang layak. Nilai kesejahteraan di sini belum tersebar. Itu dikarenakan harga masih dikuasai pengepul…” kata Susi.

Dihadapan warga, menteri Susi mendorong pengadaan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) agar hasil tangkapan rajungan nelayan setempat bisa dijual dengan sistem lelang.

“ Nanti MKP ( Menteri Kelautan dan Perikanan ) akan upayakan agar di sini bisa segera dibangun TPI. Saya bilang Kades supaya segera siapkan lahan. Jadi nanti yang punya rajungan dilelang. Harga ke masyarakat bisa lebih tinggi…” tegas Susi.

Susi juga mengapresiasi Pemkab Demak dan Kepala Desa setempat yang telah menindaklanjuti Keputusan MKP Nomor 70 tahun 2016 tentang Rencana Pengelolaan Perikanan Rajungan di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia dengan telah dibuat Keputusan Bupati Demak nomor 523 tahun 2016 tentang Pengelolaan Perikanan Rajungan di Demak dan Peraturan Desa Betahwalang nomor 2 Tahun 2019.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed