oleh

DEMO MAHASISWA BRUTAL LEMPAR BENSIN, 3 POLISI TERBAKAR, 15 PENDEMO DIAMANKAN

Jatengtime.com-Jakarta-Tiga orang anggota Polisi terbakar karena lemparan bensin dalam plastik saat Polisi sedang memadamkan aksi bakar ban dalam aksi mahasiswa di depan Pendopo Kabupaten Cianjur Jawa Barat, Kamis (15/8/2019).

Tiga anggota Polisi yang terbakar yaitu anggota Bhabinkamtibmas Kelurahan Bojong Herang Polres Kota Cianjur Aiptu Erwin, dua anggota Sabhara Polres Cianjur Bripda Yudi Muslim dan Bripda FA Simbolon.

Aiptu Erwin mengalami luka bakar lebih parah hingga 80 persen. Ketiganya kini dalam perawatan intensif tim dokter Rumah Sakit Sartika Asih, kemungkinan dirujuk ke RS Kramat Jati Polri, Jakarta.

Aksi unjuk rasa yang terkesan brutal dilakukan sekitar 50 orang dari elemen OKP Cipayung Plus Cianjur terdiri dari sejumlah organisasi mahasiswa antara lain DPC GMNI Cianjur, PC PMII Cianjur, HMI Cianjur, HIMAT, CIF dan lainnya terkait penyampaian keadilan dan kebenaran di pemerintahan, evaluasi pengangguran, sempitnya lahan pekerjaan dan kurangnya sarana pendidikan masyarakat Cianjur.

Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko di Mapolrestabes Bandung, menyayangkan aksi oknum yang melakukan pelemparan bensin hingga membuat anggota Polri terbakar. Padahal polisi sedang melaksanakan tugas mengamankan aksi demo.

“ Polri dalam hal ini Polda Jabar dan Polres Cianjur dalam rangka melaksanakan tugas mengamankan dan menertibkan setiap apapun bunyi penyampaian pendapat di depan umum, tentu akan kita amankan. Dalam hal ini kami mengimbau tidak lagi terjadi lagi seperti ini dan kami mengecam terhadap pelaku terutama oknum yang berujung pada terlukanya anggota kami…” kata Trunojoyo.

Saat ini pihaknya sudah mengamankan 15 orang mahasiswa pelaku termasuk penanggung jawab aksi demo brutal tersebut.

“ Ada 15 orang yang sudah kita amankan. Mereka sedang dicocokkan keterangannya sebagai saksi di lapangan. Untuk proses penyidikan, penyelidikan sedang kita tunggu dari penyidik polres dan dibantu Ditreskrimum polda…” ungkapnya.

Polisi telah mengumpulkan sejumlah alat bukti sementara yaitu ban bekas terbakar, baju anggota polri yang terbakar, serta kondisi korban.

Kronologi

Pukul 10.00 WIB, massa aksi berjumlah sekitar 50 orang mulai berkumpul dan melakukan orasi di Kantor DPRD Cianjur.
-Pukul 11.00 WIB, massa aksi melakukan long march menuju kantor Pemda Cianjur.
-Pukul 12.00 WIB, massa aksi tiba di Kantor Pemkab Cianjur dan kembali melakukan orasi.
-Pukul 12.30 WIB, massa aksi melakukan pemblokiran di Jalan Siliwangi yang berada di depan pintu masuk Pemkab Cianjur yang mengakibatkan kemacetan arus lalu lintas di sepanjang Jalan Siliwangi.
-Pukul 13.00 WIB, massa aksi melakukan pembakaran ban. Beberapa anggota Polisi berusaha memadamkan api, namun ada seseorang yang melemparkan bahan bakar ( Bensin ) yang disimpan dalam plastik mengenai tubuh korban dan api penyala hebat membakar 3 anggota Polisi.

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed