oleh

JOKOWI-KYAI MA’RUF AMIN RESMI DILANTIK JADI PRESIDEN DAN WAPRES, PRABOWO-SANDI JUGA HADIR

Jatengtime.com-Jakarta-Pasangan Ir. H Joko Widodo-Kyai H Ma’ruf Amin resmi dilantik menjadi Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2019-2024 setelah mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia.

Pengucapan sumpah berlangsung saat sidang paripurna MPR RI di gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya tepat pada pukul 14.30 WIB.

Selanjutnya Ketua MPR Bambang Soesatyo memimpin mengheningkan cipta dilanjutkan membuka sidang paripurna MPR dengan agenda pembacaan Keputusan KPU, pengambilan sumpah Presiden dan Wakil Presiden serta penandatanganan berita acara pelantikan dan penyerahan berita acara pelantikan.

Acara dilanjutkan dengan pertukaran tempat duduk wakil presiden dari Jusuf Kalla ke Ma’ruf Amin di susul Presiden Jokowi membacakan pidato sebagai presiden periode 2019-2024.

Jokowi mengucapkan sumpah terlebih dahulu, baru diikuti oleh Ma’ruf Amin.

Jokowi berdiri dari kursinya dan mengucapkan sumpah, begitu pula dengan Ma’ruf Amin. Wapres 2014-2019, Jusuf Kalla, menyaksikan prosesi pengucapan sumpah.

“ Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa…” sumpah Jokowi.

Disusul Kyai Ma’ruf juga mengucapkan sumpah sebagai Wakil Presiden RI. Keduanya lantas menandatangani berita acara pelantikan.

Dengan pengucapan sumpah tersebut, pasangan Jokowi-Ma’ruf resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Pimpinan MPR melanjutkan sidang paripurna dan diakhiri dengan pembacaan doa sebelum sidang paripurna ditutup.

Sidang paripurna pelantikan Jokowi-Ma’ruf tercatat dihadiri oleh 16 pejabat/ wakil dari berbagai negara, mulai kepala negara hingga utusan.

Pejabat dalam negeri juga hadir diantaranya Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dan Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono.

Yang menggembirakan hadir pula pasangan Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno yang diketahui adalah rival pasangan Jokowi-Ma’ruf pada saat Pilpres 2019.

Kehadiran Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno menjadi hal yang luar biasa bersifat sebagai negarawan ksatria yang patut di contoh semua pihak.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed