oleh

BUPATI DEMAK SERAHKAN BANTUAN SAPI KEPADA KELOMPOK TANI

Jatengtime.com-Demak-Bupati Demak HM. Natsir, Jumat (15/11/2019) menyerahkan bantuan berupa 10 ekor sapi betina bunting kepada Kelompok Tani Suko Makmur Desa Sukorejo Kecamatan Guntur.

Dalam sambutanya Bupati menjelaskan, dengan pemberian bantuan berupa sapi bunting, ini merupakan salah satu bentuk kepedulian dari Pemerintah.

“ Ini merupakan bentuk nyata pemerintah kepada masyarakat. Pemberian bantuan sapi dalam keadaan bunting, dimaksudkan agar peternak tidak harus menunggu lama, sapi segera melahirkan dan berkembang biak…” kata Nasir.

Natsir juga meminta agar program pemerintah dalam menyelenggarakan Asuransi Usaha Ternak Sapi/Kerbau (AUTS/K) sebagai salah satu upaya untuk melindungi kerugian peternak akibat kematian ternaknya agar diperhatikan bersama.

” Jaga kebersihan lingkungan kandang sehingga ketersediaan bibit sapi potong yang berkualitas serta berkesinambungan dapat terpenuhi…” pintanya.

Bupati juga menghimbau agar para peternak untuk mengembangbiakkan sapi putih/lokal yaitu sapi Brahman dan peranakan Ongole yang cocok di iklim di Indonesia untuk menyediakan calon indukan yang berkualitas.

“ Pemberian bantuan ini diharapkan bisa meningkatkan populasi sapi di Demak, serta menumbuhkan minat masyarakat untuk memelihara sapi indukan…” Natsir.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak Ir.Wibowo, MM. mengatakan, jumlah sapi yang diserahkan sejumlah 30 ekor untuk 3 kelompok tani di kecamatan Mranggen, Karangawen dan Guntur.

“ Sapi yang diserahkan kali ini ada yang sudah bunting 3 bulan sampai 7 bulan…” kata Bowo.

Dia Menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya pemerintah meningkatkan populasi ternak sapi di Kabupaten Demak karena sumber pakan yang melimpah sehingga bisa dimanfaatkan masyarakat Demak untuk mengembangbiakan sapi.

“ Program ini sudah dimulai sejak tahun 2009, sampai sekarang sudah ada 3 ribu ekor sapi yang tersebar di di beberapa desa seperti Desa Banyumeneng, Desa Sumberejo Kecamatan Mranggen, Desa Brambang, Desa Rejosari Kecamatan Karangawen dan Desa Wilalung Kecamatan Gajah…” pungkasnya.

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed