oleh

JUMBARA PMR VI DIBUKA WABUP DEMAK, 500 POHON PENGHIJAUAN DARI DJARUM FOUNDATION DI TANAM DAN DIRAWAT.

Jatengtime.com-Demak-Gelar akbar JUMBARA (Jumpa Bhakti Gembira) PMR VI yang diadakan PMI Kabupaten Demak tanggal 26-29 Desember 2019, di lapangan sepak bola, Dukuh Menco, Desa Berahan Wetan, Kecamatan Wedung, Kabupaten Demak, Jum’at (27/12/2019) pukul 08.00 secara resmi dibuka Wakil Bupati Djoko Sutanto.

Walau dengan keadaan lapangan becek, berlumpur dikarenakan malam sebelumnya sempat diguyur hujan deras selama sekitar 30 menit, namun tidak menyurutkan semangat 47 kontingen PMR Mula (tingkat SD), PMR Madya (tingkat SMP) dan PMR Wira (tingkat SMA) dari 14 Kecamatan se-kabupaten Demak untuk mengikuti jalanya upacara pembukaan.

Tampak hadir sebagai tamu undangan Dandim 0716/ Demak Letkol (Arh) Muhammad Ufiz, Kasat Binmas AKP Mulyono mewakili Kapolres Demak AKBP R idelis Purna Timuranto, Ketua PMI dr. Singgih Setyono, Kepala OPD, dewan kehormatan dan pengurus PMI, BUMD, perwakilan Djarum Foundation, Para Camat, Kepala Desa Berahan Wetan, Sibat serta relawan PMI.

Dalam sambutanya wakil Bupati Demak Drs Djoko Sutanto meminta kepada seluruh peserta Jumbara agar selalu semangat dalam mengikuti setiap kegiatan.

“ Saya minta agar semua peserta Jumbara selalu semangat dan gembira sesuai arti nama jumbara yaitu jumpa, bhakti dan gembira. Tunjukkan dan buktikan kepada masyarakat bahwa kalian semua adalah generasi penerus, calon-calon penerus relawan PMI yang tangguh, tunas bangsa yang tidak hanya cerdas, tangkas dan tanpa pamrih, namun juga mandiri dan cinta tanah air…” kata Djoko.

Wabup juga berpesan terkait agenda bhakti lingkungan dan peduli alam berupa penanaman 500 bibit pohon penghijauan kerjasama dengan Djarum Foundation Kudus, berupa :
50 batang Saga.
100 batang Kemloko.
100 batang Trembesi.
50 batang Tabebuia Rosca.
50 batang Asam Jawa.
50 batang Mahoni.
50 batang Ketapang.
50 batang daun kupu-kupu.
agar personil PMR tidak hanya mahir menanam, namun juga mahir merawat.

“ Saya juga minta kepada adik-adik PMR agar tidak hanya mahir menanam pohon, namun juga mahir merawat pohon yang sudah ditanam. Jangan hanya bisa menanam tanpa merawat. Yang terpenting adalah kelanjutan dari kehidupan pohon-pohon penghijauan…” pesanya.

Djoko berharap acara Jumbara untuk dijadikan tolok ukur untuk menciptakan generasi muda Demak yang kreatif dan terampil.

“ Atas nama pemerintah kabupaten Demak, saya sangat berharap sekaligus meminta agar kegiatan Jumbara yang diadakan PMI agar dijadikan sebagai tolok ukur dan ajang untuk menciptakan generasi penerus yang mampu mengatasi masalah dengan kreativitas dan ketrampilannya…” pungkasnya.

Sementara, Ketua panitia JUMBARA PMR VI PMI Kabupaten Demak Akhmad Sugiharto, ST, MT menjelaskan, tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk menumbuh kembangkan karakter kepalangmerahan dan peran anggota PMR melalui penerapan Tri Bhakti PMR, dan pendekatan keterampilan hidup guna peningkatan kapasitas PMI.

Selain itu Jumbara yang mengusung tema “ PMR hebat, Demak Tangguh “ juga untuk mengevaluasi proses pembinaan PMR, terutama dalam hal pelatihan, pelaksanaan Tri Bhakti PMR dan pengembangan kapasitas.

“ Jumbara PMR VI kali ini, saya laporkan jumlah sebanyak 47 kontingen mewakili 14 kecamatan sekabupaten Demak yang terdiri dari PMR Mula, PMR Madya dan PMR Wira, masing-masing kontingen beranggotakan 13 anak/ siswa serta di 3 guru pendamping, yang menempati 47 home stay dari 100 home stay yang kami persiapkan…” ungkap Sugiarto.

“ Kami segenap panitia, relawan PMI, Pemkab Demak dan dibantu warga Menco totalitas memberikan kemampuan yang kami punya untuk para peserta serta suksesnya acara. Seratus rumah warga kami dijadikan home stay bagi setiap kontingen, dapur umum Sibat dengan personil yang sudah berpengalaman diterjunkan di berbagai daerah bencana, posko kesehatan dengan tenaga medis baik dari Dinkes maupun PMI, ketersediaan air bersih dan sanitasi,  serta kami masih dibantu Linmas desa setempat dan ratusan relawan PMI yang sudah pengalaman dengan sistem bergilir selalu siap siaga untuk melayani para peserta Jumbara…” imbuh Sugiarto.

Terpisah, melalui aplikasi WhatsApp, Senior Manager Public Purwono Nugroho mewakili Djarum Foundation, Kudus dengan program Bakti Pada Negeri menyampaikan selamat dan sukses atas terselenggaranya Jumbara PMR VI Kabupaten Demak Demak.

“ Djarum Foundation merasa terhormat dapat berpartisipasi dalam kegiatan Jumbara PMR VI. Atas peran serta PMR dan PMI Kabupaten Demak, bibit tanaman yang kami berikan diharapkan dapat ikut menciptakan lingkungan kabupaten Demak yang lestari dan asri…” kata Purwono. (Ninik)

 

News Feed