oleh

ADRIAN KURNIA SANTOSO, BERHASIL MEMOTONG RAMBUT GIMBAL MBAH SUKIYAH SEPANJANG SEKITAR 2 METER.

Jatengtime.com-Kabupaten Semarang-Aksi dramatis Adrian Kurniawan Santoso, seorang relawan ACT (Aksi Cepat Tanggap) Salatiga berhasil memotong rambut gimbal Sukiyah (50) warga Dusun Karangombo, Desa Polobobo, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang sangat mengharukan.

Mbah Sukiyah yang hidup di rumah peninggalan orangtuanya hidup sebatang kara, tidak dapat berjalan, buta sejak berusia lima tahun, mengalami gangguan kejiwaan sejak berusia 10 tahun, menghabiskan waktu, makan, minum, tidur, buang air besar dan kecil di ruangan sendirian hingga rambutnya menggimbal sepanjang sekitar 2 meter.

Rambut mbah Sukiyah tidak pernah dibersihkan selama  27 tahun sejak ia mengurung diri. Mbah Sukiyah mendapat perhatian dari tetangga sekitar dengan dikirimi makan tiap harinya hingga berbagai hewan, seperti anakan tikus dan ulat bersarang di rambutnya.

Sosok Ardian, berhasil membujuk Sukiyah untuk mau memotong rambut gimbalnya (yang tidak pernah di keramas hingga berbagai bangkai hewan, seperti anakan tikus dan ulat bersarang di rambutnya), setelah berdialog dan membujuk mbah Sukiyah selama 30 menit.

Mbah Sukiyah meminta sarat yang memotong rambutnya harus Ardian sendiri, dikeramas dengan sampo warna hitam dan minta dibelikan susu.

“ Mbah Sukiyah cuma duduk selonjor dan kalau berpindah tempat ndlosor karena tangannya juga lemah. Dia mengajukan permintaan, nanti setelah rambutnya dipotong, minta dikeramas dengan sampo warna hitam, dan diobatin…” ungkap Ardian.

Kamis (23/1/2020) pukul 11:00 WIB, Ardian dibantu aparat terkait, warga sekitar dan perangkat desa sukses melakukan prosesi pembersihan badan dan pemotongan rambut mbah Sukiyah.

 

News Feed