oleh

RESOLUSI PEMASYRAKATAN RUTAN DEMAK, WARTAWAN APRESIASI GIAT KERAJINAN TANGAN WARBIN

Jatengtime.com-Demak-Dalam upaya makin mempererat tali silaturahmi antara insan pers (Wartawan) dengan jajaran pemasyarakatan, baik tingkat pusat, wilayah, dan UPT Pemasyarakatan di seluruh Indonesia, Rumah Tahanan (Rutan) IIB Kabupaten Demak, Kamis (27/2/2020) pukul 08.30 WIB melaksanakan kegiatan Media Gathering dengan tema “ Kolaborasi Dukung Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 “ yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia.

Media Gathering yang dikonsep ramah tamah sederhana di ruang kepala Rutan, selain dihadiri wartawan baik dari media cetak dan elektronik, juga ikut hadir Kasubsi pelayanan tahanan Fajar cipto kuncoro, Ka.KPR Abdoel Chasieb dan beberapa staf yang lain.

Kepala Rutan Demak Riski Burhannudin, A.Md.,IP.,S.Sos.,M.Si Media kepada awak media menyatakan media gathering yang tahun ini berkonsep teleconference dan terpusat pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan disamping bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi Pemasyarakatan dengan insan pers, juga bertujuan untuk memperkuat dalam upaya mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020 serta mewujudkan citra pemasyarakatan yang positif.

Hal tersebut menurut Riski juga dikarenakan dengan pertimbangan karena media massa merupakan corong informasi untuk menyampaikan hal-hal terkait pemasyarakatan kepada masyarakat luas.

“ Kegiatan media gatheing kali ini kami konsep dengan suasana ramah tamah dengan rekan wartawan. Disamping bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi Pemasyarakatan dengan insan pers, memperkuat dalam upaya mewujudkan Resolusi Pemasyarakatan Tahun 2020, mewujudkan citra pemasyarakatan yang positif, Kami percaya rekan wartawan adalah corong informasi untuk menyampaikan hal-hal terkait pemasyarakatan kepada masyarakat luas…” kata Riski.

Kepala Rutan Demak yang dalam waktu singkat telah sukses menyulap beberapa bagian rutan dengan taman dan tanaman sehingga terkesan hijau, indah dan alami yang dikerjakan oleh warga binaan (Warbin) menambahkan banyak program unggulan yang diadakan Rutan Demak dalam upaya memberikan yang terbaik bagi warbin disamping untuk mengisi waktu luang juga diharapkan akan menjadikan warbin menjadi mandiri dan mampu menciptakan lapangan pekerjaan minimal bagi dirinya sendiri selepas menjalani masa tahanan.

Awak media yang memang sejak awal mengamati kegiatan warbin Rutan Demak membuat kerajinan tangan berupa keset (alas kaki) dipersilahkan Rizki untuk melihat langsung proses pembuatan kerajinan tangan tersebut.

“ Ini salah satu program untuk warbin, kerajinan tangan membuat keset yang kami beri nama Keset Glagah Wangi Beriman dan souvenir miniatur pohon yang semua bahanya dari limbah. Disamping untuk mengisi kekosongan para warbin, harapan kami sederhana, para warbin selepas dari sini, sudah memiliki ketrampilan minimal untuk dirinya sendiri, syukur ketrampilanya bisa bermanfaat bagi masyarakat luas…” imbuh Riski.

 

News Feed