oleh

ATAS PERINTAH JOKOWI, MENHAN PRABOWO MINTA PESAWAT TNI JEMPUT ALAT KESEHATAN DARI CHINA

Jatengtime.com-Atas perintah Presiden Jokowi, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meminta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengerahkan pesawat TNI untuk menjemput alat-alat kesehatan dari Shanghai, China guna memberi dukungan terkait penanganan virus Corona di Indonesia.

Hal itu ditegaskan juru bicara Menhan Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, Kamis (19/3/2020) kepada wartawan, permintaan itu disampaikan Menhan Prabowo kepada panglima TNI, Rabu (18/3/2020).

“Seperti yang diperintahkan Presiden RI Joko Widodo ke Menhan Prabowo Subianto agar  meminta kepada Panglima TNI penggunaan pesawat TNI untuk mengambil alat-alat kesehatan dari Shanghai untuk mempermudah proses birokrasi G to G yang cepat guna membantu Tim Gugus Tugas COVID-19…” kata Dahnil.

Dahnil memerinci alat-alat kesehatan yang hendak diangkut pesawat milik TNI dari Shanghai, China berupa :
Disposable Masks (Masker sekali pakai).
N95 Masks (Masker wajah Bedah N95 telah Direkomendasikan oleh para ahli sebagai perlindungan terbaik praktik pengendalian infeksi dari SARS, memiliki Efisiensi Penyaringan Bakteri/BFE lebih dari 99%, Efisiensi Filtrasi partikel (PFE) dari 95% @ 0.
Protective clothing, goggles, gloves, shoe covers (Pakaian Pelindung Diri/APD yang terdiri dari penutup kepala/hoodie, pelindung wajah, pelindung mata/goggles, masker/respirator, sarung tangan, baju pelindung/gloves, respirator dan sapatu boot/shoe covers. Penggunaan APD bagi para medis ketika bertugas menangani sebuah kasus kesehatan untuk menghindari sekaligus mengurangi risiko tertular penyakit yang infeksius seperti Ebola, MERS, SARS, Flu Burung dan lain sebagainya yang diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) pasal 6, ayat 1 nomor 27 tahun 2017.
Infrared Thermometer (alat untuk mendeteksi temperatur secara optik sehingga dapat mengukur benda yang berada pada lokasi yang sulit di jangkau dan berbahaya dengan nilai temperatur yang akurat dan presisi serta mempunyai range pengukuran -50 hingga 750 Deg C.
– Surgical Caps (Topi operasi tutup kepala).

“ Alat-alat kesehatan yang diambil di Shanghai, nantinya dipersiapkan bisa digunakan oleh tim medis Kemhan dan TNI untuk membantu Gugus Tugas COVID-19 dan para dokter yang sudah berjuang di lapangan dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (COVID-19)…” kata Dahnil.

Dahnil menambahkan pesawat milik TNI akan berangkat dalam 1-2 hari ke depan.

“ Segera satu-dua hari ini pesawat akan berangkat…” imbuhnya.

News Feed