oleh

RSUD SUKA DEMAK BUTUH SETIDAKNYA 50 APD/HARI, KETIKA RAWAT PASIEN COVID-19

Jatengtime.com-Demak-Pandemi Global Covid-19 yang melanda dunia mau-tidak mau membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD) kusus bagi tim medis yang berkwalitas guna menjaga keselamatan tim medis yang merupakan garda terdepan agar tidak tertular virus mematikan Covid-19.

Demikian halnya yang terjadi di RSUD SUKA (Sunan Kalijaga) Demak, tim medis yang menangani dan merawat pasien covid-19 juga membutuhkan APD yang bagus, atau setidaknya APD sekali pakai.

Ditemui di salah satu ruang RSUD SUKA, salah seorang tim medis menyatakan kebutuhan akan APD tiap hari di RSUD SUKA sangat tinggi. Setidaknya dibutuhkan 50 setel APD tiap hari dan beberapa diantaranya berupa APD sekali pakai dan langsung dimusnahkan.

“ Dalam merawat pasien Covid-19, kami tim medis RSUD SUKA membutuhkan banyak APD tiap hari. Setidaknya 50 APD, mulai untuk bagian pendaftaran, bagian ruang perawatan, cleaning service, dokter, perawat, dan ma’af…belum lagi ketika pasien meninggal dunia, ada tim pemulasaraan jenazah termasuk sopir ambulans, semua harus menggunakan APD…” kata sumber tersebut.

Kalau estimasi harga 1 unit APD kwalitas umum senilai Rp 100 ribu, maka dibutuhkan dana Rp 100 ribu x 50 = Rp 5 juta.

“ Oleh karena itu sangat diharapkan kepedulian segenap lapisan masyarakat agar mentaati anjuran pemerintah dalam upaya memutus penularan Covid-19, agar semua selamat. Termasuk anggaran negara dan daerah juga selamat…” pungkasnya.

 

 

 

News Feed