oleh

33 PASIEN COVID-19 DI SULSEL SEMBUH KARENA MINUM JUS BUAH MENGKUDU (PACE)

Jatengtime.com-Jakarta-33 orang pasien positif Covid-19 di Makasar, Sulawesi Selatan, dikabarkan sembuh setelah masing-masing diberi minum 2 botol jus Mengkudu ( Pace-jawa ).

Buah Mengkudu (Morinda citrifolia) yang kaya akan vitamin A, Vitamin B3 (Niasin), vitamin C, B7 (biotin), B6 (folat), vitamin E dan beragam mineral, seperti magnesium, potasium, kalsium dan zat besi diyakini memberikan banyak manfaat bagi kesehatan seperti mampu melawan sel kanker, meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menangkal radikal bebas.

Jus yang diberikan kepada 33 pasien yang telah dinyatakan positif terpapar virus corona dan menjalani perawatan di Rumah Sakit Daerah Dadi Jl. Lanto Dg Pasewang, Makasar tersebut diracik oleh Irwan Paturusi, dinamakan Jus C-19.

Dari 33 pasien yang sembuh tersebut, 19 pasien adalah eks penumpang Kapal PELNI KM Lambelu.

Irwan menuturkan pihaknya memiliki hampir 100 botol Jus C-19 yang di drop ke Rumah Sakit Daerah Dadi secara cuma-cuma.

“ Kami memang sudah niatkan meracik Jus C-19 ini untuk membantu pasien yang terjangkit virus corona. Mereka butuh bantuan untuk kesembuhan. Awalnya juga saya tidak tahu apakah obat yang selama ini memang sering saya racik dari beberapa bahan, bisa menyembuhkan penyakit corona…” kata Irwan.

“ Nantilah ketika seorang yang sangat saya hormati (pasien corona) memberitahu, bahwa ramuan itu ampuh mengobati orang terjangkit corona, barulah saya coba bikin semampu saya demi membantu banyak orang…” imbuhnya.

Seperti yang dilansir oleh Bugis Pos, Selasa (12/5/20), Humas Rumah Sakit Dadi Makassar, membenarkan bahwa 33 pasien Covid-19 tersebut telah diberikan obat herbal berupa Jus C-19.

“ Karena vaksin virus corona belum juga ditemukan di dunia kedokteran, maka apapun cara ditempuh demi kesembuhan pasien, sepanjang obat itu dapat menyembuhkan. Dan ternyata setelah minum Jus C-19, mereka dinyatakan negatif dan boleh keluar dari rumah sakit…” kata Yunus.

Salah satu pasien yang sembuh, Achmad Firdaus, menyatakan sejak menjalani isolasi, dia diberi vitamin, obat-obat antibiotik, suplemen makanan novic dan susu kotak.

Masing-masing pasien yang di isolasi menurutnya diberi obat-obatan berdasarkan penyakit bawaannya, seperti jantung, diabetes dan, lain-lain.

Direktur RSUD Jombang, Jawa Timur, Pudji Umbaran setelah mengetahui kabar kesembuhan 33 pasien covid di Makasar tersebut lantas mengajurkan masyarakat untuk ikut mengonsumsi jus mengkudu.

“ Betul sekali…Sangat dianjurkan pada masyarakat untuk mengkonsumsi buah mengkudu atau di masyarakat luas di kenal buah pace. Buah mengkudu memang sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh, dapat mengaktifasi sel T dalam darah yang mempunyai fungsi dalam proses kekebalan tubuh manusia…” ungkapnya.

Sel T (Limfosit T) adalah kelompok sel darah putih yang berperan sebagai antibodi pada tubuh. Sel T bekerjasama dengan makrofag untuk menyerang virus atau bakteri secara spesifik.

“ T “ adalah singkatan dati Timus, yang merupakan organ penting tempat sel T tumbuh berkembang dan menjadi matang. Beberapa jenis sel T telah ditemukan dan diketahui mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Sel T mampu membedakan jenis Patogen dengan kemampuan berevolusi sepanjang waktu demi peningkatan kekebalan setiap kali tubuh terpapar patogen karena sejumlah sel T teraktivasi menjadi sel T memori dengan kemampuan untuk berproliferasi dengan cepat untuk melawan infeksi yang mungkin terulang kembali.

Kemampuan sel T untuk mengingat infeksi tertentu dan sistematika perlawanannya, dieksploitasi sepanjang proses vaksinasi yang dipelajari pada sistem imun adaptif.

Aktivasi sel T memberikan respon kekebalan yang berlainan seperti memproduksi antibodi, aktivasi sel fagosit (penghancuran sel target dalam seketika). Sehingga respon imun adaptif terhadap berbagai macam penyakit dapat dilakukan.

 

 

News Feed