oleh

1.620 RELAWAN HARI INI DISUNTIK VAKSIN COVID-19, DISAKSIKAN PRESIDEN JOKOWI

Jatengtime.com-Bandung-Ketua Pelaksana Tim Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir menyampaikan, vaksin Covid-19 buatan Sinovac, perusahaan asal China, hari ini, Selasa 11 Agustus 2020 akan mulai disuntikkan ke dalam tubuh para relawan.

Penyuntikan perdana 1.620 relawan vaksin Covid-19 tersebut disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo di Bandung, Jawa Barat.

Menurut mantan bos Inter Milan yang kini  menjabat sebagai Menteri BUMN ini pengujian vaksin Covid-19 yang disuntikkan ke tubuh relawan ini lebih cepat dari rencana target awal yang ditentukan yaitu pada September 2020 mendatang.

“ Penyuntikan vaksin ini lebih cepat, yang tadinya bulan September, kita bisa majukan tiga minggu. Ini perjuangan (dari) profesor dan para dokter, tentu Bio Farma juga…” kata Erick.

Uji klinis Covid-19 tahap III tersebut sangat penting dilakukan. Jika proses ini berhasil, maka PT. Biofarma langsung memproduksi vaksin Covid-19.

Sementara pemerintah menargetkan vaksin Covid-19 dapat diproduksi sendiri oleh Bio Farma pada awal tahun depan (2021) dengan ditargetkan mampu memproduksi 250 juta dosis dalam setahun. Produksi akan dilakukan setelah uji klinis tahap ketiga tuntas dilakukan.

“ Ini penting, karena vaksin ini menentukan 1.620 (relawan) yang nantinya dicoba selama enam bulan tidak ada apa-apa. Trus diproduksi…” ungkapnya.

News Feed