oleh

PENGAKUAN MUNJIAT BEDA DENGAN (GUS) NUR, AKUN SERING DI SUSPEND TRUS PAKAI NAMA AKUN ANAKNYA

Jatengtime.com-Jakarta-Kasus video dugaan ujaran kebencian yang dilakukan Sugi Nur Rahardja yang mengaku dengan nama “ Gus Nur “ makin seru, Muhammad Munjiat, anak ke 2 (Gus) Nur ikut terseret dan diperiksa sebagai saksi di Bareskrim Polri.

Munjiat diperiksa sebagai saksi atas video wawancara Gus Nur bersama Refly Harun yang menampilkan ujar kebencian dan SARA terkait Nahdlatul Ulama (NU) diunggah melalui akun Youtube Munjiat Channel pada tanggal 16 Oktober 2020.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono, Selasa (3/11/2020) kepada wartawan menjelaskan, pemeriksaat Munjiat terkait nama akun youtube yang menyinggung perasaan seluruh warga NU.

“ Karena nama yang bersangkutan sesuai dengan channel Youtube yang digunakan pengeditan…” kata Awi.

Munjiat menegaskan tidak terlibat dalam akun Youtube Munjiat Chanel

Pengacara Munjiat, Chandra Irawan menyatakan bahwa Munjiat mengklaim kanal YouTube Munjiat Chanel dikelola ayahnya sendiri (Gus Nur).

“ Video memuat pernyataan Gus Nur yang diduga menghina NU itu dikelola oleh GN (Gus Nur) ayahnya sendiri. Jadi itu akun punya GN (Gus Nur), yang edit GN, terus yang mengunggah GN sendiri. Jadi semua punya GN…” ungkap Chandra.

Chandra menambahkan, Gus Nur hanya memakai nama anaknya untuk akun youtube dan Munjiat sudah pernah protes agar jangan menggunakan namanya.

“ Anaknya (Munjiat) sudah protes dari dulu jangan pakai nama anaknya, nanti khawatir kesannya punya dia…” kata Chandra Irawan.

Akun Gus Nur sering di Suspend, kemudian pakai nama anaknya untuk buat akun baru

Ternyata gara-gara nama akun Gus Nur sering di Suspend, kemudian Gus Nur memakai nama anaknya Munjiat untuk membuat akun baru.

“ Awal mulanya kan dulu akun dia yang GN karena sering di-suspend, jadi akhirnya pakailah nama anaknya. Jadi itu (Akun Munjiat) adalah akun punya Gus Nur yang ngelola Gus Nur, yang upload Gus Nur, jadi Gus Nur hanya pake nama anaknya. Jadi bukan punya anaknya…” ungkap Chandra.

Sebelum ikut diperiksa Bareskrim, Munjiat sudah punya firasat bahwa video tersebut bakal berbuntut panjang menyeret namanya.

“ Kami sebelumnya sudah mengira bahwa akan ada efek dari pembicaraan di podcast yang viral itu…” imbuh Munjiat.

Pengakuan Gus Nur sebelumnya, admin Munjiat Chanel adalah anaknya.

Sebelumnya, Gus Nur pernah bercerita tentang akun YouTube Munjiat Channel yang sudah di-Monetize tersebut, admintya adalah Munjiat, anaknya sendiri dan seluruh penghasilan untuk admin.

“ Penghasilan dari YouTube Rp 30 juta, Rp 15 juta, Rp 20 juta. Tapi saya enggak ikut makan itu. Udah admin saja, kadang untuk sosialnya itu, enggak sempat itu saya ngurusin uang-uang itu…” kata Gus Nur.

Menurut Gus Nur, dirinya tidak mencari uang dari YouTube walau penghasilanya antara Rp 10 hingga Rp 30 juta. Gus Nur juga menyebut admin Munjiat Channel adalah anaknya sendiri yang bernama Muhammad Munjiat.

Gus Nur mengaku tidak ingat kapan Munjiat Channel dibuat.

“ Kalau Munjiat sudah 4 atau 5 tahun ya, itu admin yang tahu. Anak saya sendiri (Admin Munjiat Channel), Munjiat namanya…” imbuhnya.

 

News Feed