oleh

RIZIEQ SHIHAB MENYERAHKAN DIRI, DITANGKAP DAN DIPERIKSA POLDA METRO JAYA 6 JAM LEBIH

Jatengtime.com-Jakarta-Setelah Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengancam pihaknya tidak segan akan memberikan tindakan tegas sesuai dengan ketentuna hukum yang berlaku dengan menangkap pentolan FPI Rizieq Shihab jika tidak memenuhi panggilan polisi, akirnya menyerahkan diri ke Polda.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Sabtu (12/12/2020) menegaskan Rizieq Shihab telah ditangkap saat datang ke Polda Metro Jaya dan saat ini masih menjalani pemeriksaan. Polisi juga telah memberikan surat penangkapan kepada Rizieq Shihab.

“ Yang bersangkutan kita serahkan surat penangkapan, kemudian kita masih lakukan pemeriksaan. Sekarang pemeriksaan masih berjalan…” kata Yusri.

Yusri membantah klaim dari pengacara yang mengatakan Rizieq Shihab datang ke Polda Metro Jaya dalam rangka memenuhi panggilan penyidik merupakan hal yang tidak benar.

Yusri menegaskan Rizieq Shihab datang ke Polda Metro Jaya hari ini, Sabtu (12/12/2020) dalam rangka menyerahkan diri.

“ Saya tegaskan lagi bahwa yang bersangkutan sudah tiba dilakukan pemeriksaan dengan menyerahkan diri kepada penyidik Polda Metro Jaya…” tegas Yusri.

Sebelum menjalani pemeriksaan, Rizieq sempat melakukan swab test antigen sesuai dengan prosedur protokol kesehatan. Hasil swab test antigen Rizieq tersebut telah keluar dengan hasil negatif.

Hingga saat ini pemeriksaan terhadap pentolan FPI itu masih berlangsung. Penyidik saat ini masih menggali keterangan Riziq terkait acara yang menimbulkan kerumunan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat.

Sekitar 6 jam penyidik Polda Metro Jaya memeriksa pentolan FPI sebagai tersangka kasus kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat.

Penyidik saat memeriksa Rizieq tetap memfasilitasi setiap haknya seperti didampingi pengacaranya saat menjalani pemeriksaan. Pemeriksaan sempat ditunda pada pukul 12.00 WIB  karena Rizieq melaksanakan salat Zuhur.

“ Pemeriksaan masih berlangsung, haknya sebagai tersangka intinya sudah kita berikan, salat Zuhur sudah disiapkan sesuai protokol kesehatan, makanan-minuman juga sudah disiapkan…” ungkap Yusri.

Dalam pemeriksaan, Rizieq berdalih dua kali dirinya mangkir dari pemeriksaan yang sebelumnya telah dijadwalkan kepolisian tidak pernah pergi ke mana-mana dan selama ini berada di kediamannya di Pesantren Agrokultural Markaz Syariah, Megamendung, Kabupaten Bogor.

“ Saya selalu ada di Pesantren Agrokultural Markaz Syariah. Saya nggak pernah ke mana-mana, itu tempat tinggal saya…” kata Rizieq.

Rizieq Shihab mengaku hanya sesekali meninggalkan Megamendung untuk urusan keluarga.

“ Sekali-kali saya turun ke Petamburan atau ke Sentul untuk menengok anak dan cucu…” kilahnya.

Terkait lima tersangka lainnya yaitu Haris Ubaidillah selaku ketua panitia, Ali bin Alwi Alatas selaku sekretaris panitia, Maman Suryadi Panglima FPI sekaligus penanggung jawab keamanan acara, Sobri Lubis selaku penanggung jawab acara, dan Habib Idrus selaku kepala seksi acara, polisi memberikan dua opsi pilihan. Menyerahkan diri atau ditangkap.

“ Untuk lima tersangka sudah kami jelaskan dua opsi saja. Pertama, menyerahkan diri ke Polda Metro Jaya. Kedua, jika tidak mau menyerahkan diri, akan kita lakukan penangkapan…” pungkas Yusri.