oleh

WALAU DILANDA PANDEMI CORONA, PEMKAB DEMAK MAMPU RAIH 2 PENGHARGAAN

Jatengtime.com-Demak-Walaupun sedang dilanda pandemi Corona, Pemerintah Kabupaten Demak tetap mampu meraih 2 penghargaan, yaitu Juara 2 kategori Kabupaten Kota Informatif dalam kompetisi Komisi Informasi Award Jateng  tahun 2020.dan penghargaan dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik dari Komisi Informasi Publik (KIP) Provinsi Jateng.

Setelah dilakukan penilaian di 35 kabupaten/ kota se-Jawa Tengah, Pemkab Demak berhasil meraih penghargaan kategori Informatif ke-dua se-Jawa Tengah, sedangkan RSUD Sunan Kalijaga peringkat ke 8 kategori Menuju Informatife. Penghargaan diserahkan langsung anggota KIP Jateng, Slamet Haryanto.

Pengumuman pemenang yang dilakukan oleh Komisi Informasi Jateng dilakukan dengan Wakil bupati Joko Sutanto, Sekda Demak Singgih Setyono, Asisten ll Guvrin Heru Putranto, Asisten lll Hadi Waluyo, Kadinas Kominfo Endah Cahyarini, Direktur RSUD SUKA Deby Armawati, Kabag Pengadaan Barang  dan Jasa Wahyu Aji, ketua PPID Utama Demak Agus Pramono melalui zoom meeting diruang Command Center, Rabu (16/12/20) lalu .

Ketua Komisi Informasi Publik Propinsi Jawa, Tengah Sosiawan dalam sambutan virtualnya menegaskan walau ditengah pandemi Covid-19 pelaksanaan KIP ternyata seluruh badan publik Pemkab Demak masih tetap semangat melakukan tugas dan fungsi Keterbukaan Informasi Publik yang dibutuhkan masyarakat.

Pemeringkatan keterbukaan informasi publik diperlukan sebagai bagian dari upaya menjaga pelayanan publik yang disampaikan pemkab ke masyarakat sudah sesuai standar undang-undang.

Seleksi penentuan penilaian penghargaan keterbukaan informasi publik cukup ketat dengan diawali proses asesment serta penilaian uji publik.

Dinas/ instansi yang meraih penghargaan tersebut antara lain, Dinas Kominfo, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Badan Kepegawaian dan Litbang.

Wakil Bupati Demak Joko Sutanto dalam sambutanya mengatakan, walau dalam situasi pandemi Covid-19, Pemkab Demak tetap melakukan berbagai perbaikan dalam pelayanan publik termasuk juga telah menerapkan e-planning dan e-budgeting dalam anggaran.

“ Keberhasilan ini menunjukkan bahwa kita Pemkab Demak serius melakukan perbaikan perbaikan dalam pelayanan publik walaupun sedang dalam situasi pandemi Covid-19…” kata Djoko.

Terpisah, Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo dalam sambutanya berharap, walau dalam situasi pandemi Covid-19 semua lembaga pemerintahan harus tetap memberikan keterbukaan informasi kepada masyarakat dengan baik, gampang dan kredibel.

“ Dengan informasi publik yang benar akan membiasakan jiwa kita berintegritas. Dengan keterbukaan ini bisa mengedukasi masyarakat untuk paham apa yang ada. Informasi bisa kita buka dengan benar dan baik hingga masyarakat bisa menerimanya…” ungkap Ganjar.

News Feed