oleh

PPATK SENGAJA DIUNDANG SAAT UMUMKAN FPI RESMI DILARANG, UNTUK MENGUSUT ALIRAN DANANYA

Jatengtime.com-Jakarta-Ada yang menarik saat Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menggelar konfrensi pers pelarangan aktivitas FPI (Front Pembela Islam) pada Rabu (30/12/2020), yaitu juga diundang Kepala PPATK (Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan) Ediana Rae.

Mahfud MD menegaskan bahwa tujuan ikut melibatkan PPATK adalah untuk menelusuri aliran dana FPI.

“ PPATK akan menelusuri aliran dana kepada FPI…” kata Mahfud singkat.

Untuk diketahui PPATK adalah lembaga intelijen yang ahli dalam bidang menelusuri aliran keuangan, yang cuma ada satu di Indonesia.

PPATK yang dibuat berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2010, memang baru berumur 10 tahun, namun lembaga ini dengan integritas dan didukung alat yang canggih mampu menerima Laporan Transaksi Keuangan Tunai (LTKT) 150 ribu/ hari dengan nominal transaksi yang dilaporkan oleh penyedia jasa keuangan minimal sebesar Rp500 juta.

Dalam melaksanakan kewenangannya sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang No. 8 Tahun 2010, terhadap PPATK tidak berlaku ketentuan peraturan perundang-undangan dan kode etik yang mengatur kerahasiaan.

PPATK sebagai lembaga intelijen, terbukti banyak memberikan kontribusi dengan merekomendasikan kepada instansi penegak hukum mengenai pentingnya melakukan intersepsi atau penyadapan atas informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, sehingga mampu membuka berbagai kasus yang berkaitan dengan aliran dana siluman seperti tindak pidana korupsi, tindak pidana narkoba, judi online, illegal fishing, pencucian uang, teroris dan lain-lain.

Salah satu keunggulan PPATK adalah sistem Follow The Money (pendekatan penelusuran aliran uang atau harta kekayaan hasil kejahatan) sehingga bisa ditemukan aset dimana saja dan siapa yang menikmati.

Follow The Money PPATK selama ini mempunyai jangkauan lebih jauh (mewakili pemerintah Republik Indonesia dalam organisasi dan forum internasional yang berkaitan dengan pencegahan dan pemberantasan tindak pidana pencucian uang), dilakukan secara senyap dan juga bisa merampas hasil kejahatan.

 

 

News Feed