oleh

REFLEKSI AKHIR TAHUN KLHK RI “ SOIFO 2020 “ DAN DUNIA PENDIDIKAN

Jatengtime.com-Jakarta-Kementerian Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (LHK-RI) dipenghujung akhir tahun 2020, di Ruang Rimbawana Gedung KLHK, Jakarta, Rabu (30/10/2020) mengadakan acara Refleksi Akhir Tahun yang diikuti oleh jajaran Sekjen, Dirjend, Itjend dan secara Virtual diikuti oleh seluruh Dinas LHK Provinsi se- Indonesia serta satu perwakilan Organisasi Profesi Guru Swasta (PGSI) Kabupaten Demak, Noor Salim, S.Pd.I.

Acara Refleksi Akhir Tahun dengan tema “ SOIFO 2020, HINTS LHK dan SEEK 2021 “ dibuka mulai pukul 09.30 dan berakhir hingga pukul 12.30 Wib.

Kynote Speaker Menteri LHK Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar,M.Sc. dan Wamen LHK Aloe Dohong, Ph.D sebagai Closing Remarks.

Dalam sambutanya, Menteri Siti menyampaikan pesan dari Presiden Jokowi, yaitu pentingnya kecepatan dan ketepatan kerja dimasa Pandemi Covid-19.

“ Sekalipun dengan Work FH atau School FH bagi guru, kita harus gerak cepat dan tepat, karena saat ini berada di era Fifth-Generation menuju Six-Generation. Nilai-nilai kebangsaan berupa Partisipasi dan Gotong Royong tetap harus kita laksanakan…” kata Menteri Siti.

SOIFO 2020 menurut Siti Nurbaya menjelaskan tentang status Hutan dan Kehutanan di Indonesia, diantaranya untuk menjaga keseimbangan ekologi, sebagai Eco Wisata yang sedang jadi trend Internasional saat ini, hingga manfaat bagi PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional) melalui program Bantuan Ekonomi Produktif bagi Ratusan ribu orang yang terhimpun dalam Lembaga Masyarakat Kehutanan maupun Hutan Mangrove.

Oleh karena itu, lanjut Siti Nurbaya, kegigihan dalam menghadapi beragam situasi harus terus kita tanamkan pada diri dan generasi muda. Hanya duri-duri yang menyakitkan yang mendorong kita untuk keseberang.

Dalam sesi Soft Launching SOIFO 2020 juga menghadirkan Mr.Richard dari FAO, Dr.Indroyono ketua APHI serta Dr.Efran Managing Director KLHK. Sedangkan pemaparan Materi disampaikan oleh Sekjen KLHK Dr.Ir.Bambang Hendroyono,MM. beserta sembilan Dirjend.

PGSI berharap sinergitas KLHK bagi Dunia Pendidikan makin ditingkatkan.

Terpisah, ketua PGSI Kabupaten Demak, Noor Salim, S.Pd.I yang turut mengikuti acara refleksi KLHK secara virtual menyampaikan apresiasi atas capaian Ibu Menteri LHK.

“ Bu Siti (Menteri ) ini adalah sosok menteri yang luar biasa. Bukan hanya pekerja-keras namun juga sebagai menteri yang penuh inspiratif. Sebagai menteri LHK, ternyata juga peduli terhadap dunia pendidikan, diantaranya secara aktif mendatangi sekolah-sekolah dalam program Haring Profesi dan Inspirasi untuk menanamkan pentingnya mencintai lingkungan “ kata Salim.

Untuk itu Noor Salim, S.Pd.I atas nama PGSI Kabupaten Demak berharap agar KLHK terus bersinergi dan kepedulian terhadap lingkungan dunia Pendidikan makin ditingkatkan.

“ Awal Tahun ini PGSI Demak mengajukan bantuan Paket Pengelolaan Limbah serta Paket Pengelolaan Sampah lingkungan Pesantren dan Sekolah. Sudah di survai oleh tim KLHK RI, oleh karena itu PGSI sangat berharap permohonan bantuan tersebut bisa direalisasikan di tahun 2021…” Pungkas Salim.

 

News Feed