oleh

RAT KPRI MARSUDI AJINING SARIRO (MAS) DEMAK, LABA BERSIH Rp 844.772.372, KELOLA ASET Rp 12 M

Jatengtime.com-Demak-Koperasi Pegawai Negeri, Marsudi Ajining Sariro (KPRI MAS) Kabupaten Demak, di gedung Bina Praja Kompleks Kantor Bupati, Kamis (28/1/2021) melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) tutup Buku th 2020.

RAT dibuka oleh Pembina KPRI MAS, Sekretaris Daerah Kab Demak dr. Singgih Setyono dihadiri Kepala Dindagkop UKM Kab. Demak, PKPRI, Bank Jateng, Pengurus dan Dewan Pengawas dan dilaksanakan dengan protokol kesehatan ketat.

Anggota yang hadir secara fisik berjumlah 5 orang mewakili OPD dengan anggota terbanyak, sedangkan sisanya mengikuti RAT secara daring di tempat masing masing.

Ketua KPRI MAS, yang juga menjabat Kadin PUTARU Doso Purnomo, mengatakan RAT kali ini dilaksanakan secara daring untuk menghindari  kerumunan orang,  mengingat anggota KPRI MAS sangat besar yaitu berjumlah 851 anggota.

“ Dimasa pandemi ini RAT KPRI MAS dilaksanakan dengan protokol kesehatan dengan jumlah anggota terbatas, dan sisanya dapat mengikuti secara daring untuk menghindari  kerumunan orang,  mengingat anggota KPRI MAS sangat besar yaitu berjumlah 851 anggota…” kata Doso.

Sekda Demak Singgih Setyono dalam arahannya menyatakan agar KPRI MAS selalu kreatif memunculkan berbagai terobosan yang inivatif dalam mengelola dana yang selama ini “Idle/ tidak terserap “, sehingga pendapatan koperasi bisa meningkat, dan pada akhirnya SHU (sisa hasil usaha) yang dibagikan kepada anggota semakin besar pula. KPRI MAS dengan unit usaha utamanya berupa simpan pinjam agar bisa kompetitif bersaing dengan Lembaga keuangan lain.

Singgih juga mengapresiasi KPRI MAS yang telah memanfaatkan teknologi Informasi melaksanakan RAT secara daring. Hal ini dinilai sangat membantu dalam upaya mencegah penularan Covid 19 di kabupaten demak.

“ Karena hingga saat ini pemkab belum bisa sepenuhnya mengendalikan pandemik Covid -19. Rapat secara daring ini bisa dicontoh oleh Koperasi yang lain. Karena RAT Tahunan merupakan amanat yang harus dilaksanakan oleh setiap koperasi, serta tetap mematuhi protokol kesehatan…” ungkap Singgih.

Laba bersih sebesar Rp 844.772.372, asset yang dikelola mencapai 12 milyar.

Bendahara KPRI MAS, Agung Hidayanto dalam laporan pertanggung jawaban pengurus, menyampaikan bahwa untuk “ Tutup Buku “ tahun ini, KPRI MAS, memperoleh laba bersih sebesar Rp 844.772.372. Sedangkan aset yang dikelola KPRI MAS saat ini sudah mencapai 12 milyar. KPRI Mas juga memberikan beasiswa untuk 60 putra putri anggotanya yang berpfrestasi di sekolah mulai tingkat SD – SLTA. Mulai tahun depan beasiswa ditambah untuk putra putri yang duduk di perguruan tinggi.

“ Tutup buku KPRI MAS tahun ini mengalami peningkatan yang membanggakan. Laba bersih sebesar Rp 844.772.372. Aset yang dikelola saat ini sudah mencapai Rp 12 milyar. KPRI MAS juga memberikan beasiswa untuk 60 putra putri anggotanya yang berpfrestasi di sekolah mulai tingkat SD – SLTA. Target tahun depan beasiswa kita ditambah untuk putra putri yang duduk di perguruan tinggi…” kata Agung.

Doorprize 28 sepeda gunung untuk anggota yang beruntung.

Acara RAT KPRI MAS juga ditunggu-tunggu hadiah kejutan oleh para anggota, selain disepakati: “ Pengesahan Laporan pertangungjawaban Pengurus, Pengawas dan program kerja tahun 2021 “.

28 anggota KPRI MAS tahun ini dinyatakan beruntung mendapatkan hadiah kejutan/ doorprize berupa 28 unit sepeda gunung.