oleh

MENSOS RISMA TINJAU BANJIR DI DEMAK, ISOMA DI HOTEL AMANTIS LANGSUNG TUGAS KE SEMARANG

Jatengtime.com-Demak-Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini, Jum’at (12/2/2021) sekitar pukul 14.00 WIB meninjau beberapa lokasi di Kabupaten Demak yang terendam banjir setelah lawatanya meninjau banjir di Pekalongan dan korban tanah longsor di Kebumen.

Mantan Walikota Surabaya ini malam sebelumnya telah mengirim berbagai bantuan berupa makanan bagi ibu hamil, kasur busa dan lain-lain senilai Rp 252.764.600 ke Dinas Sosial Kabupaten Demak.

Bantuan-bantuan dari Mensos Risma kemudian di drop ke beberapa lokasi banjir dengan menggunakan armada dari Polres Demak, BPBD dan Dinsos.

Sampai di Kota Wali, Risma yang tampak lelah langsung menuju lokasi banjir di Dukuh Dempel, Desa Kalisari, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, langsung menerobos banjir dengan berjalan kaki, walaupun kedalaman air sekitar 75 cm dan telah disediakan perahu karet oleh petugas gabungan TNI, Polri, Tagana dan PMI.

Risma langsung menyisir pemukiman warga masih memilih menempati rumahnya dan mencari anak-anak dan ibu hamil untuk diberi bantuan perlengkapan bayi, tikar, selimut, dan makanan.

“ Memang kita siapkan (bantuan) khusus untuk anak-anak dan ibu hamil dan selimut untuk lansia. Kalau kemarin di Pekalongan banyak sekali yang mengungsi karena rumahnya tidak bisa ditempati…” kata Risma.

Risma menyarankan kalau terpaksa warga tidak mau diarahkan untuk keluar dari wilayah banjir, bisa menggunakan fasilitas umum atau masjid yang masih belum terendam.

“ Sebetulnya (jika warga bersedia mengungsi) Tagana bisa evakuasi. Tidak harus disitu, evakuasinya kan bisa dibawa keluar…” ujarnya.

Usai mengunjungi banjir Desa Kalisari, Risma langsung meninjau banjir di Desa Sayung guna membagikan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir.

Kali ini Bu Risma terpaksa harus mau menaiki perahu karet untuk menemui warga karena kedalaman banjir cukup dalam hingga 1 meter.

Usai melakukan kunjungan ke lokasi banjir, kemudian bu Risma bertolak menuju ke Hotel Amantis Demak untuk melakukan ISOMA.

Kadinsos Demak Eko Pringgolaksito kepada jatengtime menyatakan sesuai random jadwal kegiatan ke Kota Wali, usai melakukan tinjauan kondisi banjir Bu Risma akan berkunjung ke Dapur Umum Dinsosn namun tidak jadi dilakukan karena ada kegiatan lain di Semarang.

“ Sedianya bu Mensos Risma akan mengunjungi Dapur Umum Dinas Sosial kabupaten Demak. Mungkin dikarenakan kondisi beliau yang lelah usai melakukan kunjungan maraton dari Pekalongan, Kebumen kemudian ke Demak, rencananya urung dilakukan. Bu Risma Isoma di hotel Amantis dan melanjutkan tugas ke Semarang…” kata Pringgo.

 

News Feed