oleh

SUAMINYA DISINGKUHI NISSA SABYAN, RIRIE FAIRUS KUTIP SEBUAH HADIST

Jatengtime.com-Jakarta-Perselingkuhan antara Nissa Sabyan, vokalis grub Gambus Sabyan yang terkenal karena lagu-lagu bernuansa religi dan selalu memakai busana gamis dengan Ayus Sabyan, suami Ririe Fairus, bapak dari 2 anak laki-laki berbuntut panjang.

Perselingkuhan antar personil grup gambur Sabyan mulai terbongkar sejak Juli 2019, gara-gara jejak digital chatting mesra antara keduanya di Hp Ayus Sabyan lupa dihapus dan diketahui Ririe Fairus yang tak lain adalah istri sah Ayus.

Fadhila Nova, adik Ayus dalam tayangan Rumpi: No Secret, Kamis (18/2/2021) membenarkan bahwa orang ketiga (Pelakor-Perebut laki Orang) yang membuat dalam rumah tangga kakaknya retak dan berujung pada upaya perceraian adalah Nissa Sabyan.

Diyakini perasaanya tidak menentu akibat suaminya diselingkuhi oleh orang yang dikenalnya, Ririe Fairus kedapatan mengunggah foto keluarganya di Instagram pribadinya ririe_fairus pada 28 Novemver 2020 disertai foto dicium oleh kedua anak dan suaminya Ayus disertai caption dengan mengutip sebuah Hadist Rasulullah Muhammad SAW yang di riwayatkan Ahmad Shahih :

ﻭَﻣَﻦْ ﺃَﻓْﺴَﺪَ ﺍﻣْﺮَﺃَﺓً ﻋَﻠَﻰ ﺯَﻭْﺟِﻬَﺎ ﻓَﻠَﻴْﺲَ ﻣِﻨَّﺎ
“ Barang siapa yang merusak hubungan seseorang wanita dengan suaminya maka dia bukan bagian dari kami “ (H.R Ahmad Shahih).

Unggahan Ririe Fairus dengan mengutip salah satu hadits menandakan bahwa dia adalah seorang ibu rumah tangga muslimah dan cerdas (hadits adalah sunnah, perkataan, perbuatan, ketetapan dan persetujuan dari Nabi Muhammad SAW yang dijadikan landasan syariat atau sumber hukum Islam, sumber hukum kedua setelah Al-Qur’an) ternyata menuai simpati dari netizen.

Kusus unggahan instagram Ririe Fairus yang mengutip hadits tersebut dibanjiri lebih dari 62.400 suka dan lebih 7.925 komentar yang mendukung Ririe Fairus.

Dan ternyata semua unggahan instagram Ririe Fairus dibanjiri ribuan netizen yang rata-rata menghujat kelakuan Nissa Sabyan karena selingkuh dengan Ayus Sabyan.

Akun inggitumaminingsih menulis sekaligus menandai akun Nissa Sabyan dalam kolom komentar :
@nissa_sabyan kasian yah hidupmu, gak sereligi lagu mu, nauzubillah “.

Akun Merlindaalfiah menulis dan menandai akun Nissa Sabyan dalam kolom komentar :
@nissa_sabyan kau telah melukai semua kaum wanita mungkin 1wanita yang kau lukai tapi semua kaum wanita yang tersakiti “.

Akun anggraini212526 menulis dalam kolom komentar :
Udah kk ikhlasin aja, buang aja laki2 yg suka selingkuh ke tong sampah. Lagian kan ada tuh tong sampah yg menampung laki2 seperti itu. Tinggal lihat kedepannya kehidupan dy. Yg namanya pelakor hidup rumah tgganya nanti gak bakal mulus n bahagia. Biasanya pelakor bakal di pelakorin juga sama pelakor lain “.

Ririe juga mengunggah foto kedua anaknya di Instagram pribadinya tentang kebersamaan keluarga yang hilang, seraya menyebut hanya merekalah sumber kekuatannya.
“ Seberat apapun masalah yang mamy hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih sayang mamy kepadamu “.

Ririe Fairus mungkin kalah jauh dengan Nissa Sabyan uang pandai bernyanyi lagu religi, namun setidaknya dia tahu bahwa rusaknya rumah tangga dan perceraian sangat disukai oleh Iblis.

Merusak rumah tangga pasangan muslim disebut “ Takhbib “, yang menyebabkan rumah tangganya menjadi hancur merupakan dosa yang sangat besar.

Oleh karenanya banyak ulama menjelaskan hadits peringatan akan perceraian, antara lain :

HR Muslim IV/2167 (no 2813), dari Jabir Radhiallahu ‘Anhu dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda :

إِنَّ إِبْلِيْسَ يَضَعُ عَرْشَهُ عَلَى الْمَاءِ ثُمَّ يَبْعَثُ سَرَايَاهُ فَأَدْنَاهُمْ مِنْهُ مَنْزِلَةً أَعْظَمُهُمْ فِتْنَةً يَجِيْءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُوْلُ فَعَلْتُ كَذَا وَكَذَا فَيَقُوْلُ مَا صَنَعْتَ شَيْئًا قَالَ ثُمَّ يَجِيْءُ أَحَدُهُمْ فَيَقُوْلُ مَا تَرَكْتُهُ حَتَّى فَرَّقْتُ بَيْنَهُ وَبَيْنَ امْرَأَتِهِ قَالَ فَيُدْنِيْهِ مِنْهُ وَيَقُوْلُ نِعْمَ أَنْتَ

“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air (laut) kemudian ia mengutus bala tentaranya. Maka yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya. Datanglah salah seorang dari bala tentaranya dan berkata, “Aku telah melakukan begini dan begitu”. Iblis berkata, “Engkau sama sekali tidak melakukan sesuatupun”. Kemudian datang yang lain lagi dan berkata, “Aku tidak meninggalkannya (untuk digoda) hingga aku berhasil memisahkan antara dia dan istrinya. Maka Iblis pun mendekatinya dan berkata, “Sungguh hebat (setan) seperti engkau “.

Al-Munawi menjelaskan mengenai sebuah hadits yang diriwayatkan Faidhul Qadiir (II/408) :

إن هذا تهويل عظيم في ذم التفريق حيث كان أعظم مقاصد اللعين لما فيه من انقطاع النسل وانصرام بني آدم وتوقع وقوع الزنا الذي هو أعظم الكبائر

Hadits ini menunjukan peringatan yang sangat menakutkan tentang celaan terhadap perceraian. Hal ini merupakan tujuan terbesar (Iblis) yang terlaknat karena perceraian mengakibatkan terputusnya keturunan. Bersendiriannya (tidak ada pasangan suami/istri) anak keturunan Nabi Adam akan menjerumuskan mereka ke perbuatan zina yang termasuk dosa-dosa besar yang paling besar menimbulkan kerusakan dan yang paling menyulitkan “.

Kitab Mausu’ah Fiqhiyyah (5/291) dijelaskan bahwa merusak rumah tangga muslim adalah mengompor-ngimpori untuk minta cerai dan atau menyebabkannya (mengompor-ngompori secara tidak langsung) :

ﻣَﻦْ ﺃَﻓْﺴَﺪَ ﺯَﻭْﺟَﺔَ ﺍﻣْﺮِﺉٍ ﺃَﻱْ ﺃَﻏْﺮَﺍﻫَﺎ ﺑِﻄَﻠَﺐِ ﺍﻟﻄَّﻼَﻕِ ﺃَﻭِ ﺍﻟﺘَّﺴَﺒُّﺐِ ﻓِﻴﻪِ ، ﻓَﻘَﺪْ ﺃَﺗَﻰ ﺑَﺎﺑًﺎ ﻋَﻈِﻴﻤًﺎ ﻣِﻦْ ﺃَﺑْﻮَﺍﺏِ ﺍﻟْﻜَﺒَﺎﺋِﺮِ ” ﺍﻧﺘﻬﻰ

“ Maksud merusak istri orang lain yaitu mengompor-ngompori untuk meminta cerai atau menyebabkannya, maka ia telah melalukan dosa yang sangat besar “.

Pernah ditertawai netizen karena menyanyikan lagu yang salah.

Nissa Sabyan ternyata pernah ditertawai netizen di Twitter karena dianggap salah memilih lagu yang berjudul Ya Tabtab diacara Syair Ramadan di salah satu TV.

Acara yang juga diunggah di channel YouTube ditulis deskripi “ untaian lirik religi dengan makna menyentuh dan menggetarkan hati “.

Ya Tabtab menurut netizen adalah lagu yang sekedar berbahasa Arab namun tidak bernafaskan Islami atau mengandung unsur religi.

Lagu Ya Tabtab dinilai netizen adalah bukan lagu religi, karena yang asli dinyanyikan oleh Nancy Ajram, seorang penyanyi Lebanon beragama Kristen Ortodox, bertema tentang seorang perempuan yang ngambek kepada kekasihnya.

Akun @Thetrue4all menulis :
Mungkin si Nisya Sabyan tidak ngerti apa arti isi lagu yang dinyanyikan karena lagunya dalam bahasa Arab Libanon. Banyak orang Indonesia yang senang mendengar dan menyayikan lagu lagunya Nancy Ajram artis dari Lebanon( Kristen) tapi mereka tidak mengerti arti isi lagunya. Miris “.

Akun @@khulwah_menulis :
“ Nisa nggak pasnya karena nyanyi di acara yang membranding sebagai acara religi dan diaku dalam deskripsinya, ‘untaian lirik religi yang bla bla bla’. Nggak masalah dengan siapapun yang ingin menikmati lagunya sih. Terlepas pula dengan agama mbak Nancy apa “.

Akun @Dianendra menulis :
“ Wakakakak, dipikir mungkin semua lagu arab adalah religious, salah satunya Nancy Ajram ini, lagunya cinta-cintaan, dinyanyikan di Ramadhan “.

Bahkan tokoh penggiat medsos Denny Siregar lewat akun twitter @Dennysiregar7 mentertawai Nissa Sabyan yang dinilai bahwa apapun yang berbau Arab disangka Islam :
“Geli banget gua sore ini.. Habis nonton youtube Nisa Sabyan yg nyanyi lagu berbahasa arab Ya Tabtab, diacara Syair Ramadhan di tivi. Padahal lagu itu sama sekali gada religinya, syairnya ttg cewe ngambek ma pacarnya. Apapun yg berbau arab msh disangka Islam,”

News Feed