oleh

BAMBANG PACUL PERSILAHKAN GANJAR IKUTI JEJAK RUSTRININGSIH

Jatengtime.com-Jakarta-Polemik internal di tubuh PDI-P terkait Gubernur Ganjar Pranowo tidak diundang dalam kegiatan Ketua DPP PDIP Puan Mararani memberikan arahan untuk kadernya, Sabtu ((22/5/2021) lalu terus bergulir.

Susunan rundown acara yang tersebar di kalangan para awak media wartawan, tertulis : “ tamu tatap muka: 100 orang. (terdiri dari) DPR RI Jateng, DPD Jateng, DPRD Prop Jateng, kepala daerah & wakil kader se Jateng (kecuali gubernur)” menjadi silang sengketa berbagai pihak.

Ketua DPP PDIP Bidang Pemenangan Pemilu sekaligus Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng, Bambang Wuryanto (Bambang Pacul) mengaku sudah memberikan sinyal jika sikap Ganjar yang terlalu ambisi untuk menjadi presiden adalah tidak baik.

Konon ada instruksi dari Ketua Umun PDI-P Megawati Soekarnoputri terkait Pilpres 2024, sehingga sikap Ganjar dinilai tidak baik bagi keharmonisan partai yang wajib tegak lurus pada perintah Ketua Umum.

Atas nama PDIP, Bambang Pacul kepada wartawan di kompleks gedung DPR/MPR, Jakarta, Selasa (25/5/2021) mempersilakan jika ada keinginan partai lain meminang Ganjar sebagai capres 2024. Bambang Pacul menyebut PDIP mempersilakan jika Ganjar mau mengambil langkah seperti eks kader PDIP Rustriningsih.

Pada tahun 2013, Rustriningsih (kader PDIP dan Bupati Kebumen) ingin maju menjadi Gubernur Jawa Tengah, namun PDIP tak memberi restu.

Pada Pilpres 2014 Rustriningsih kemudian mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, sementara PDIP mengusung Joko Widowo-Jusuf Kalla.

“ Bu Rustri kader PDIP, itu srikandinya Ibu Megawati Soekarnoputri. Ibu statement di Jawa Tengah ini Srikandiku. Tapi ketika kemudian Bu Rustri pindah dengan partai lain, ibu marah enggak…?. Saya enggak tahu persoalan ibu, tapi ada enggak ibu statement marah…? Enggak ada. Boleh enggak…? Ya monggo kalau orangnya (Ganjar) mau, orangnya (Ganjar) mau monggo, sudah banyak contoh kok, banyak contoh itu di Jawa Tengah itu semua orang tahu bu Rustriningsih…” ungkapnya.

Namun kembali Bambang Pacul memastikan wilayah persoalan capres dan cawapres PDIP ada di tangan Megawati Soekarnoputri.

“ Lah ini, kalau aku menegaskan Ganjar itu dilempar ke partai lain, monggo itu aku salah, salah makan obat aku. Yang berhak beri statement itu ibu Ketua Umum, karena kewenangan wilayah presiden itu ibu Ketua Umum Megawati…” jelasnya.

“ Saya orang Jawa, Ganjar Jawa, ini kultur Jawa, oke…? Kultur Jawa itu kalau diberi tugas sama komandannya, komandannya kan Ibu Megawati Soekarnoputri, jadi mas Ganjar ini diberi tugas untuk menjadi Gubernur Jawa Tengah. Kepala daerah Jawa Tengah, karena beliau menjadi Gubernur Jateng, tugasnya kan di sana…” kata Bambang.

 

News Feed