oleh

3 WARGA AFGANISTAN JATUH DARI PESAWAT AS YANG SEDANG TERBANG

Jatengtime.com-Jakarta-Seperti dilansir Newsweek dan CNN, Senin (16/8/2021) terjadi insiden tragis yang terjadi di bandara Kabul, Afganistan.

3 warga Afganistan terekam kamera amatir terjatuh dari pesawat angkut C-17 Amerika Serikat yang sedang terbang dan meninggal dunia dilandasan pacu bandara Internasional Hamid Karzai, Kabul, pada Senin (16/8) waktu setempat.

Salah satu video yang diunggah kantor berita Afghan Asvaka News berdurasi 11 detik yang ditonton lebih dari 1 juta kali menunjukkan dua titik objek tak teridentifikasi terjatuh dari badan pesawat yang baru saja lepas landas dari bandara Kabul.

“ Video itu menunjukkan sebuah penerbangan dari bandara Kabul di mana dua orang terlempar dari sebuah pesawat ke rumah-rumah penduduk…”

“ Warga lokal di dekat bandara Kabul mengklaim bahwa tiga pria muda yang berpegangan erat pada roda pesawat terjatuh ke atap rumah-rumah warga…”

Video lainnya yang diunggah Afghan Asvaka News menunjukkan sejumlah warga setempat mengevakuasi mayat-mayat pria yang terjatuh dari pesawat di dekat Khairkahana, dekat Kabul.

“ Warga lokal saat mengumpulkan mayat tiga pria yang berpegangan pada roda pesawat yang lepas landas dari bandara Kabul, mereka terjatuh ke daratan di dekat Khairkahana dekat Kabul…”.

Rekaman ini sontak menyebar luas di media sosial. Tampak juga puluhan pria muda Afganistan yang putus asa nekat berpegangan pada bagian pesawat yang terbang meninggalkan Kabul.

Kekacauan ini terjadi setelah kelompok Taliban berhasil merebut kekuasaan dari pemerintahan Afghanistan yang kolaps.

Semua penerbangan komersial dari Kabul juga diketahui telah dibatalkan pada Senin (16/8) ini setelah terjadi kekacauan tersebut.

Akibatnya mendorong ribuan warga Afghanistan membanjiri bandara hingga ke landasan pacu demi bisa meninggalkan negara mereka.

5 ribu tentara AS yang dikerahkan ke bandara Kabul yang awalnya bertugas mengamankan evakuasi personel diplomatik dan warga asing, kini terpaksa bertugas menjaga keamanan di area bandara.