oleh

PEMERINTAH INDONESIA BERHASIL EVAKUASI 26 WARGANYA DARI AFGANISTAN

Jatengtime.com-Jakarta-Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi sebanyak 26 warga negara Indonesia (WNI) untuk keluar dari Afghanistan.

Setelah beberapa hari dilakukan pembahasan soal opsi evakuasi, akhirnya berhasil dilakukan. Pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi dengan semua pihak di Afghanistan serta dengan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan perwakilan negara asing lainnya di Afghanistan.

Dengan menggunakan pesawat TNI AU 26 orang tersebut dibawa pulang dari bandara Kabul menuju Indonesia. Diperkirakan pesawat akan tiba di Tanah Air pada esok hari, Sabtu (21/8/2021).

Tim evakuasi telah berhasil membawa keluar sebanyak 26 orang WNI termasuk staf KBRI Kabul. Lalu ada juga 5 warga Filipina, dan 2 warga Afghanistan yakni suami dari WNI dan staf lokal KBRI Kabul.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di akun resmi Twitternya, Jumat (20/8/2021) mengucap syukur Pemerintah berhasil mengevakuasi warganya.

“ Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia telah berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul, Afghanistan dengan pesawat TNI Angkatan udara…” cuit Retno.

Pemerintah Indonesia mengharapkan penyelesaian masalah politik di Afghanistan tetap dapat dilakukan melalui proses Afghan-owned, Afghan-led (mengedepankan kepentingan rakyat Afghanistan dalam perdamaian dan melibatkan seluruh pihak internal di Afghanistan) demi terciptanya perdamaian dan stabilitas yang diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional.

Selain Indonesia, sejumlah negara lain, seperti India, Inggris dan Australia juga mengevakuasi warganya dari Afganistan.

 

News Feed