oleh

Jatengtime.com – Demak – Seperti yang kita ketahui bahwa Lapas/Rutan di Indonesia sebagian besar telah mengalami over crowded, hal ini dapat menyebabkan penularan penyakit secara cepat terutama terhadap para WBP lansia. WBP lansia telah mengalami penurunan daya tahan tubuh sehingga perlu diberikan prioritas dalam pelayanan kesehatan.

Pos pelayanan terpadu lanjut usia (Posyandu Lansia) merupakan salah satu program layanan di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak yang dikhususkan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berusia lanjut. Pada Rabu (3/11/2021) kegiatan posyandu lansia dilaksanakan oleh Petugas Kesehatan Rutan Demak terhadap 6 orang WBP Lansia. Kegiatan diawali dengan sosialisasi tentang pentingnya Posyandu Lansia bagi WBP Lansia di Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak yang disampaikan oleh Petugas Kesehatan, Sri Setyo Lestari.

Selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh petugas kesehatan Rutan Demak, mulai dari menanyakan keluhan yang dialam saat ini, dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, saturasi oksigen, kolesterol dan asam urat.

Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Demak Riski Burhannudin menjelaskan bahwa kegiatan Posyandu Lansia ini merupakan bentuk kewajiban petugas dalam memenuhi hak-hak Warga Binaan Pemasyarakatan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak.

“Pandemi covid-19 sampai saat ini masih belum usai, kesehatan tentu masih menjadi hal yang sangat diutamakan. Dengan program Posyandu Lansia ini kami berikan prioritas bagi Warga Binaan yang telah memasuki usia lanjut karena mereka lebih rentan tertular penyakit.” Ujar Riski

Senada dengan hal tersebut, Petugas Kesehatan Rutan Demak Sri Setyo Lestari menegaskan bahwa dengan adanya Posyandu Lansia ini dapat memonitor kesehatan WPB Lansia serta memotivasi mereka untuk terus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“Posyandu Lansia ini dilaksanakan setiap satu bulan sekali, meskipun mereka saat ini sedang berhadapan dengan kasus hukum, tetapi sudah menjadi kewajiban kami untuk tetap memberikan pelayan kesehatan bagi mereka. Kegiatan ini juga sebagai kontrol rutin untuk melihat perkembangan kesehatan WBP.” Ungkapnya

Salah satu peserta posyandu lansia, Sutikno (62 tahun) mengaku sangat senang dan memberikan apresiasi kepada Rutan Demak karena adanya program khusus lansia ini.

“Kehidupan kami sangat diperhatikan di sini, saya berterima kasih kepada Rutan yang telah memberikan layanan maksimal terutama bagi kami yang sudah berumur, karena kami sangat butuh perhatian khusus,” ungkap Sutikno.

Kegiatan diakhiri dengan pembagian masker serta pemberian obat-obatan, vitamin dan susu yang dapat dikonsumsi untuk menunjang kesehatan para WBP Lansia.

News Feed