oleh

HUT GURU NASIONAL, KADIN PERKIM DEMAK SAMBANGI ALMAMATERNYA

Jatengtime.com-Hari Guru Nasional diselenggarakan tiap tahun pada tanggal 25 November diperingati untuk menunjukkan penghargaan terhadap perjuangan para guru untuk pendidikan.

Peringatan Hari Guru yang kali ini bertema “ Bergerak dengan hati, pulihkan pendidikan ” dilakukan oleh Kepala Dinas (Kadin) Perkim yang juga menjabat Plt Kadin PU TARU, Akhmad Sugiharto, ST.MT, Kamis (25/11/2021) dengan menyambangi SMAN 1 Demak tempat dulu dia pernah belajar untuk mengenang jasa para guru serta sekedar memberikan bingkisan kenang-kenangan.

Diterima langsung Kepala Sekolah SMAN 1 Demak, Drs Agus Budi Purwoko dan beberapa guru Akhmad Sugiharto, ST.MT menyatakan rasa haru dan terima kasih pernah menimba ilmu dari para guru.

“ Di beberapa negara lain, Hari Guru menjadi hari libur, walau di Indonesia, Hari Guru Nasional bukan merupakan hari libur saya menyempatkan diri untuk sekedar berkunjung ke sekolah yang dulu pernah menjadi tempat saya menimba ilmu. Saya sangat haru dan tak lupa mengucapkan terima kasih pernah menimba ilmu dari para guru di almamater ini. Tanpa beliau-beliau tidak mungkin saya mampu mengenyam pendidikan…” kata Sugiharto.

Akhmad Sugiharto, ST.MT sejak kecil hingga sekarang hidup dilingkungan dunia pendidikan. Ayahnya H.Karmain adalah (pensiunan) guru SD. Sugiharto beristri Nur Aeni S.Pd yang sekarang menjadi guru bahasa Indonesia di SMAN 2 Demak membuat selalu terkenang akan jasa para guru yang telah membesarkan namanya.

Sederet karier sudah banyak disandang Sugiharto, namun ternyata diam-diam banyak juga prestasi di bidang sosial kemanusiaan serta lingkungan namun tetap tidak menganggu kinerjanya menjabat sebagai ASN.

Kadin yang dikenal enerjik ini diam-diam berkiprah cukup aktif dengan insan seni yang tergabung dalam wadah PAMMI (Persatuam Artis Musisi Melayu Indonesia) Demak menggalang dana saat tragedi yang menjadi duka mendalam untuk Indonesia tahun 2018, bencana alam gempa, tsunami, dan likuifaksi mengguncang kawasan Sulawesi Tengah (Palu dan Donggala) pada 28 September 2018, sore.

Untuk memberikan penghargaan atas kiprahnya yang awalnya segaja tidak mau diketahui publik, serta sifatnya yang Ngemong seluruh anggota, DPC PAMMI Demak memintanya untuk menjadi penasehat.

Akhmad Sugiharto, ST.MT diam-diam juga menjalin kerjasama dengan Djarum Foundation Kudus (sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono, dengan misi untuk memajukan Indonesia dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mempertahankan kelestarian sumber daya alam) baik dibidang pelestarian alam maupun sosial kemanusiaan.

( Kadin Perkim Demak Akhmad Sugiharto, ST.MT bersama Vice President Djarum Foundation Kudus, FX Supandji )

Pada saat Pandemi Covid-19 melanda Indonesia termasuk Kabupaten Demak, Akhmad Sugiharto, ST.MT dan Djarum Foundation Kudus intensif melakukan kerjasama memperkuat kinerja Tenaga Kesehatan (Nakes) baik dibidang bantuan alat kesehatan (Alkes) maupun APD kusus buat Nakes serta tim pemakaman “ Paskuman ” (Pasukan Kusus Pemakaman) Demak.

Pria yang memimpin 2 dinas sekaligus ini juga penggemar bonsai sejak kuliah di Malang, Jawa Timur termasuk salah satu tokoh penting Pameran Bonsai menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-515 Kabupaten Demak bertajuk Gebyar Bonsai Bumi Kota Wali, Sabtu (24-31/3/2018) yang diikuti 127 bonsai dari 9 kabupaten/kota di Jateng.

Sebagai salah satu penggemar bonsai, dia akirnya merambah lebih profesional dengan dengan menjadi petani dan penjual bonsai dengan merek dagang “ Asmara Bonsai Demak ” yang mejual berbagai jenis bahan maupun bonsai jadi berbagai jenis.

Kontes sekaligus pameran tanaman bonsai bertajuk Gebyar Bonsai Bumi Kota Wali itu digelar tersebut dalam rangka menyambut hari ulang tahun (HUT) ke-515 Kabupaten Demak. Kegiatan itu juga dimaksudkan untuk menarik minat masyarakat terhadap seni budi daya mengkerdilkan pohon atau tanaman. (Ninik, Indah Cahya).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed