JENAZAH ERIL BERHASIL DITEMUKAN, KEMENLU FASILITASI KEPULANGAN KE INDONESIA

XXX58 Dilihat

Jatengtime.com-Jakarta-Setelah dinyatakan hilang dan upaya pencarian selama 14 hari, jenazah Emmeril Kahn Mumtadz ( Eril ), anak pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, berhasil ditemukan pada Rabu (8/6/2022) pukul 06.50 pagi waktu setempat.

Eril dilaporkan hilang terbawa arus Sungai Aare, Swiss, sedangkan adik kandung dan temannya berhasil selamat.

Kepolisian Swiss dalam situs resmi menyatakan jenazah Eril ditemukan di dasar sungai dekat dengan pintu air Engehalde, Bern, Swiss, sekitar 3,2 Km dari lokasi berenang

“ Pada Rabu (8/6/2022) pagi, satu jenazah berhasil dievakuasi di pintu air Engehalde, di Bern. Penyelidikan forensik mengungkap bahwa jenazah itu merupakan warga Indonesia yang hilang di Sungai Aare, sejak Kamis, 26 Mei 2022. Pria 22 tahun itu berenang di sungai dan mengalami kondisi darurat. Akibatnya dia tenggelam…” ungkap Polisi Swiss.

Dubes RI Muliaman Hadad mengatakan tim SAR dan aparat Swiss telah berhari-hari melakukan pencarian dan sempat menghentikan pencarian setelah 6 jam berlangsung lantaran hari sudah gelap.

Sungai Aare adalah salah satu sungai terpanjang di Swiss merupakan salah satu destinasi wisata terkenal namun memiliki arus yang cukup deras.

Baanyak orang baik warga lokal maupun turis asing suka berenang terutama saat musim panas dan kondisi cuaca cerah.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kamis (9/6/2022) menyatakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah berada di Insel Hospital, rumah sakit tempat jenazah Eril disemayamkan.

“ Pak RK (Ridwan Kamil) sudah berada di Insel Hospital. Jenazah ( Eril ) sudah berada di Insel Hospital untuk dilakukan ritual keagamaan sesuai syariat Islam…” kata Retno.

Retno menambahkan Kementerian Luar Negeri akan membantu Gubernur Ridwan Kamil dengan memfasilitasi kepulangan jenazah Eril ke Indonesia.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui akun media sosial pribadi, Kamis (9/6/2022)
mengucapkan Takbir usai menegetahui jenazah putranya telah ditemukan.

“ Allahu Akbar…! Alhamdulillah ya Allah…Engkau telah mengabulkan permohonan doa kami. Sungguh Tuhanku, kami tenang sekarang. Engkau sungguh Maha Pengasih. Maha Penyayang dan Maha Pengabul doa kami…” tulisnya.

Eril akan kembali ke tanah air pada Minggu (12/6/2022) dan dimakamkan pada Senin (13/6/2022).

Gubernur juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu dan mendoakan pencarian putranya yang hilang di Sungai Aare, Swiss.