oleh

BESUK SUBUH 5 PLANET AKAN TERLIHAT SEJAJAR DI ORBIT TANPA MENGGUNAKAN ALAT

Jatengtime.com-Jakarta-Besuk, Jumat (24/6/2022) Subuh lima planet yaitu Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus akan muncul dalam urutan yang sama pada orbitnya masing-masing mengelilingi matahari dan dapat dilihat dengan kasat mata, tanpa bantuan alat.

Fenomena alam ini merupakan salah satu fenomena langka yang dapat dilihat diseluruh Indonesia dan hanya terjadi setiap 18-19 tahun sekali. Kesempatan yang sama kemungkinan akan kembali terjadi pada 2041 mendatang.

Peneliti di Pusat Sains Antariksa Lapan Andi Pangerang melalui Situs Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional ( LAPAN ), menyebut fenomena yang akan terjadi besuk disebut Parade Langit dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia saat waktu subuh hingga 24 menit sebelum matahari terbit dan disesuaikan dengan waktu subuh per daerah.

“ Parade langit dapat dilihat waktu subuh di masing-masing wilayah yang berbeda-beda, sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota. Jadi disesuaikan, kurang lebih sekitar jam setengah lima sampai jam setengah enam…” kata Andi.

Andi menambahkan sebetulnya tidak hanya ada lima planet, tapi enam planet dengan kehadiran Uranus. Namun untuk melihat Uranus harus memerlukan teleskop yang minimal berukuran lensa 10 cm.

Maka fenomena planet sejajar ini tidak lagi Konjungsi Kuintet ( lima benda langit ), melainkan Konjungsi Sektet ( enam benda langit ).

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed