KADIN PU TARU DEMAK MENDUKUNG KOMPETISI PENATAAN KAWASAN PESISIR SAYUNG YANG TERANCAM TENGGELAM

Jatengtime.com-Demak-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah berupaya untuk menggali ide dan gagasan dari para professional di bidangnya dengan menyelenggarakan Kompetisi Penataan Kawasan Pesisir Sayung, Kabupaten Demak.

Kompetisi ini sebagai salah satu ikhtiar dalam rangka menangangi Kawasan Pesisir Sayung yang kian hari kian parah dan jika dibiarkan dapat dipastikan akan tenggelam.

Menanggapi kompetisi ini, Kadin PU TARU Kabupaten Demak, Akhmad Sugiharto ST,MT kepada wartawan menyatakn pihaknya sangat mendukung program ini.

“ Atas nama Pemkab Demak, tentunya kami sangat mendukung kompetisi yang bertajuk The Competition on Spatial Arrangement of Sayung Coastal Area for integrated,  environmentally friendly and sustainable demi menyelamatkan harkat dan martabat warga terdampak…” kata Sugiharto.

Kadin PU TARU ini menambahkan permasalahan banjir dan rob wilayah Kecamatan Sayung Kabupaten Demak telah lama terjadi dan dampak langsungnya dirasakan warga sangat merugikan.

“ Permasalahan banjir dan rob wilayah Kecamatan Sayung Kabupaten Demak, telah lama terjadi dan dampak langsungnya dirasakan warga. Banjir dan rob disebabkan dampak penurunan muka tanah, muka air pasang dan abrasi pantai menyebabkan hilangnya ratusan hektar tambak warga, garis pantai mundur ratusan meter, rumah menjadi tidak layak huni karena tergenang. Tentunya berakibat pada menurunnya kualitas hidup masyarakat terutama sosial, ekonomi dan kesehatan…” ungkapnya.

“ Pemkab Demak dan pihak terkait bahkan menggandeng pihak swasta yang peduli telah melakukan berbagai upaya untuk menanggulangi masalah ini, namun hingga sekarang belum sepenuhnya teratasi…” ujarnya.

“ Bagi siapa saja yang berminat mengikuti kompetisi ini dapat mengakses informasi di laman  file:///C:/Users/ZA/Downloads/14.%20Persiapan%20Launching%20_KOMPETISI%20PENATAAN%20KAWASAN%20WILAYAH%20PESISIR%20SAYUNG.pdf …” pungkasnya.

Kompetisi mulia ini dikabarkan yang berhadiah total Rp 145 Juta untuk 3 peringkat terbaik hasil penilaian oleh tim penilai dari professional di bidangnya, yaitu :

Ketua : Dr. Ir. Ari Murwanto, M.Sc, Profesional pada Kementerian PUPR (Mantan Dirjen BM, Kapuslitbang PU, Direktur BPSDA Ditjen SDA , Staf Ahli Menteri PUPR).

Anggota :
– Prof. Dr. Ir.Ambariyanto, M.Sc, Wakil Rektor IV, Universitas Diponegoro.
– Dr. FX Suryadi , Lecturer IHE Delft Netherlands.
– Dr. Ir. Wisnu Pradoto, ST, MT, Dosen pada Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro.
– Abdul Malik Sadat Idris, ST, M.Eng, Direktur Regional I (Jawa-Bali) pada Kementerian PPN/Bappenas RI.
– Nani Hendiarti, Deputi Bidang Koordinasi Pengelolaan Lingkungan dan Kehutanan pada KEMENKOMARINVES RI.
– Warsito Ellwein, Komisaris PTPN IX, penulis, pemerhati sosial dan perekonomian masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.